JAMBI, metro7.co.id – Kemunculan nama Irjen Pol Syafril Nursal di bursa calon Wakil Gubernur Jambi jelang beberapa hari memasuki tahapan pendaftaran Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Jambi pada Pilkada 2020 merupakan hal yang tak terduga.

Mantan Kapolda Sulawesi Tengah ini diberitakan akan mendampingi calon petahana Fachrori Umar. Tentu sebuah kejutan yang tak terduga, sebab selama ini nama jenderal polisi bintang dua ini tak pernah muncul di daftar bursa calon Pilkada Jambi.

Kemunculan nama jenderal aktif ini bisa merubah peta politik Pilkada Jambi. Sebab Syafril merupakan putra asli Jambi yang sudah dikenal luas oleh masyarakat Jambi, karena beliau juga Ketua Umum Badan Musyawarah Keluarga Jambi (BMKJ) nasional.

Terkait kemunculannya namanya, Syafril mengatakan bahwa dia diminta oleh Fachrori Umar untuk mendampingi menjadi Wakil. Permintaan itu disampaikan langsung oleh Fachrori Umar melalui surat.

“Diminta oleh pak Fachrori untuk mendampingi beliau sebagai calon wakil. Suratnya dikirim langsung secara tertulis oleh pak Fachrori,” ujar Syafril Nursal melalui keterangan tertulis, Jakarta 19 Agustus 2020.

Ketua Umum Badan Musyawarah Keluarga Jambi Nasional ini mengatakan bahwa ia menyambut baik niat baik tersebut. Ia mengatakan bahwa ada sejumlah alasan Fachrori memintanya untuk bersama-sama membangun Jambi. Alasan utamanya karena Fachrori menilai Syafril Nursal sebagai sosok yang berintegritas, berprestasi dan berpengalaman dalam mengemban tugas negara.

“Sebagai putra berdarah asli Jambi tentu ingin bersama-sama membangun tanah kelahiran. Karena sejauh manapun kita terbang dan berjalan, tanah kelahiran tak akan pernah terlupakan,” ucapnya.

Seperti diketahui, nama Syafril Nursal muncul setelah Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono menyerahkan rekomendasi secara langsung kepada Calon Gubernur Jambi Fachrori Umar. Pada rekomendasi tersebut, disebutkan bahwa calon wakil yang mendampingi Fachrori adalah Syafril Nursal.

Syafril Nursal merupakan Jenderal Polisi bintang dua aktif yang akan memasuki masa pensiun sekitar 2 bulan lagi, yakni pada 3 Oktober 2020. *