BEKASI, metro7.co.id – Guna mengantisipasi terjadinya banjir yang diakibatkan tersumbatnya aliran air pada saat musim penghujan, Babinsa Koramil 10 Sukatani bersama Kepala Desa Sukakerta mengadakan gotong royong membersihakan kali Cikarang Hilir.

Gotong Royong yang dilaksanakan di wilayah Dusun I Rt 02/03 Desa Sukakerta Kecamatan Sukawangi Kabupaten Bekasi Jawa Barat, dengan membersihkan kali Cikarang Hilir dengan cara mengangkat sampah dan rumput liar yang dapat mengakibatkan tersumbatnya aliran air.

Menurut Babinsa Pelda Eko Minarto sesuai arahan Danramil 10 Sukarani Mayor Czi Sali,kegitaan ini dipandang perlu untuk mengantisipasi terjadinya banjir di musim penghujan seperti sekarang ini.

“Karena itu, kami berkoordinasi dengan kepala Desa Sukakerta bersama warga untuk gotong Royong membersihkan sampah dan rumput liar yang dapat menghambat aliran air,” kata Pelda Eko Minarto kepada metro7.co.id, Rabu (09/12/20).

Diharapkan dengan dilakukannya pembersihan kali Cikarang Hilir itu, dapat mengantisipasi meluapnya air yang dapat menggenangi warga di sekitar bantaran kali.

Lebih lanjut Pelda Eko mengatakan kegiatan itu merupakan salah satu tanggung jawab babinsa diwilayah binaannya.

“Ya dengan memberikan himbauan kepada warga agar selalu waspada mengahadapi bencana di musim penghujan seperti saat ini,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sukakerta Disan menjelaskan, musim penghujan ini warga Sukakerta khususnya yang bermukim disepanjang daerah aliran sungai (DAS) Cikarang Hilir senantiasa harus waspada dan siaga dengan kemungkinan meluapnya air sungai atau bah yang disebabkan oleh curah hujan dengan insensitas yang tinggi.

“Ya, jika ada tanda – tanda bencana segara melapor, supaya dapat diantisipasi lebih dini,” tutupnya. ***