BEKASI, metro7.co.id – Sekelompok pemuda mendatangi kantor Desa Muara Bakti Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi Provinsi Jawa Barat, Selasa (28/07/20) untuk menuntut transparansi penyerapan tenaga kerja lokal PT.Cikarang Listrindo Plant Babelan.

Karena, PT Cikarang Listrindo (Babelan Plant) adalah proyek pembangkit listrik Babelan berbahan bakar batubara dengan kapasitas 280 mega watt (MW) yang berada di wilayah Desa Muara Bakti Kecamatan Babelan.

Perwakilan pemuda Rijal Ramadhan
mengatakan, banyaknya pengangguran di desa membuat mereka mendatangi kantor desa untuk meminta penjelasan mengenai penyerapan tenaga kerja lokal PT Cikarang Listrindo.

“Kedatangan kami untuk menagih komitmen PT Cikarang Listrindo yang telah di sepakati bersama untuk memberdayakan warga lokal bekerja melalui pemerintah Desa,” ungkap Rijal kepada metro7.co.id.

Sudah hampir dua tahun pihaknya menunggu lanjut Rijal untuk bekerja di PT CL. Namun, tidak ada lowongan pekerjaan yang di peruntukan untuk warga desa.

“Tidak ada seleksi apapun. Ya ini akibat kurang transparan dalam pembagian kebutuhan tenaga kerja lokal,” tandanya.

Sementara itu Sekretaris Desa, Yudi yang menerima kedatangan mereka menjelaskan, pemerintah desa juga bingung mengenai seleksi penyerapan tenaga kerja lokal yang di butuhkan PT CL.

“Ya kami juga bingung, padahal Pemdes siap membantu menyiapkan tenaga kerja yang di butuhkan PT CL, sumber daya lokal juga banyak yang berkualitas dan mampu bersaing,” terang Sekdes Yudi.

Ia pun tidak mengetahui sudah berapa banyak tenaga kerja lokal desa yang di berdayakan PT Cikarang Listrindo

“Karena tidak ada pemberitahuan seleksi penyerapan tenaga lokal ,ya jadinya seperti ini tidak ketahuan sudah berapa banyak atau sedikit nya pekerja lokal yang di berdayakan di desa ini,” ucap Sekdes Yudi.

Dirinya berharap, pihak PT Cikarang Listrindo memberikan kesempatan kepada warga desanya mengikuti seleksi tenaga kerja sesuai yang di butuhkan. Dan menambah kuota tenaga kerja lokal untuk warganya.

“Ya bang, berikan kesempatan yang sama tambah kuota tenaga kerja lokal tentu sangat membantu, apalagi di tengah pandemi corona ini,” ucapnya.

Sementara itu, Humas PT Cikarang Listrindo Plant Babelan saat di komfirmasi mengenai kuota tenaga kerja lokal untuk wilayah terdampak lingkungan, sampai dengan berita ini terbit belum ada tanggapan. ***