BREBES, Metro7.co.id – Jembatan penghubung antar kecamatan di Dusun Karangbokong Desa Kamal, Kecamatan Larangan amblas Kamis (13/1).

Amblasnya jembatan Karangbokong Dukuh Pelatar Desa Kamal yang menghubungkan akses warga di tiga kecamatan tersebut diduga tergerus air sungai rambatan yang semakin meningkat debit airnya lantaran intensitas curah hujan yang tinggi.

Sebelumnya, wilayah tersebut sempat diguyur hujan deras sehingga debit air di Kali Rambat meningkat dan mengakibatkan amblasnya jembatan tersebut

Warga setempat, Wartum (52) menuturkan, sebelumnya kondisi jembatan ini masih bisa dilewati.

“Namun, akibat hujan kemarin, kondisi jembatan makin parah karena pondasi semakin tergerus dan akhirnya putus total,” ujarnya.

Sementara Camat Larangan, Eko Supriyanto mengatakan, jembatan tersebut amblas akibat diterjang banjir.

Jembatan yang berada di jalur poros tengah Jalan Kabupaten Brebes. menghubungkan antar kecamatan. Yakni, Kecamatan Larangan, Kecamatan Ketanggungan (Desa Jemasih) dan Kecamatan Bantarkawung.

“Akibat terputusnya jembatan, warga Desa Kamal yang ingin ke Kecamatan harus putar perlu jarak tempuh yang cukup jauh,” terangnya.

Untuk sementara, pihaknya akan membuat jembatan darurat. Di mana nantinya bisa digunakan untuk melintas sepeda motor.

“Perbaikan dan pemeliharaan juga sudah kami usulkan, dan Alhamdulilah sudah teranggarkan dalam APBD Kabupaten Brebes tahun 2022 sebesar 1 Miliar. tinggal menunggu proses lelang,” Jelas Camat Larangan melalui telpon.