KABUPATEN TEGAL, metro7.co.id – Musibah tanah longsor terjadi di Dukuh Mobok Suryani Desa Begawat RT 06 RW 03 Kec. Bumijawa. Minggu (13/12/2020) pagi pukul 08:15 Wib. Longsor mengakibatkan satu orang korban meninggal dunia. Korban meninggal bernama Sariah Binti Kadrani (58) yang berprofesi sebagai petani.

Menurut saksi mata yang bernama Wasro yang melihat kejadian saat peristiwa berlangsung, saat longsor terjadi, Sariah berada tepat diareal bawah tanah yang longsor. “Sekitar pukul 07:00 Wib, Saya pergi ke kebun yang letaknya di bawah tebing dengan ketinggian lebih kurang 50 meter, saat itu saya melihat korban sedang memetik labu siam, tiba-tiba tebing yang tepat berada diatasnya longsor dan menimpa dirinya”, Ungkap Wasro.

Saat longsor terjadi, Wasro sedang berada di kebun miliknya yang berada tidak jauh dari lokasi korban. Wasro dikagetkan dengan adanya suara gemuruh. Wasro melihat Sariah berusaha lari menghindari material longsor namun tidak bisa, karena gerakan tanah longsor tersebut terjadi sangat cepat dan menimbun dirinya. Imbuh Wasro.

Setelah longsor reda, Wasro bersama masyarakat dan dibantu relawan kemudian melakukan pencarian untuk mengevakuasi korban yang tertimbun material. Korban ditemukan sudah dalam kondisi meninggal dunia.

Camat Bumijawa, Susworo saat dikonfirmasi melalui sambungan telpon mengatakan penanganan evakuasi korban disamping dilakukan oleh masyarakat juga ditopang oleh SIBAT Bumijawa PMI Kab. Tegal, TRC Puskesmas Bumijawa, Polsek Bumijawa, Koramil Bumijawa, Tim SAR Bumijawa, Banser, dan dukungan komunikasi Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI).