BOJONEGORO, metro7.co.id – Pengaduan masyarakat evakuasi binatang reptil kembali terjadi di Kabupaten Bojonegoro, kali ini berada di Desa Gunung Sari Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro, Kamis (15/10/20)

Kronologi sekitar pukul 09.34 WIB Pos kota menerima laporan dari Wahab, pemilik rumah. Binatang tersebut berada di bawah tumpukan kayu. Pukul 09.48 WIB petugas Damkar Pos Baureno berangkat menuju lokasi. Pukul 11.45 WIB petugas selesai melakukan penyisiran dan penanganan.

Dalam keterangan Pers Sukirno selaku Kabid Pemadam dari Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bojonegoro.

Hasilnya petugas dapat mengamankan 1 ekor Ular Cobra (Naja Sputatrix) sepanjang ± 1,5 meter dan Ular Jali (Pytas Mucosus) sepanjang ± 2 meter.

Setelah menerima informasi, pihak terkait langsung menerjunkan 1 Unit armada gajah 6 beserta 3 Personil di lokasi terjadinya untuk segera mengevakuasi binatang reptil tersebut.

“Ular berhasil di amankan oleh petugas sekitar pukul 11.45 WIB. Karena ini musim kemarau. Reptil muncul ke permukaan karena dirasa mereka membutuhkan tempat yang lembab. Jadi berhati-hati lah, sebagai penanggulangan agar tidak terjadi hal serupa. Alangkah baiknya rumah diberikan wewangian, karena binatang reptil takut dengan harum wangi yang menyengat” ucap Kabid Pemadam

Selanjutnya Damkar memberikan sosialisi cara cegah ular masuk ruangan dan langkah awal ketika bertemu ular.

Sukirno menjelaskan bahwasanya dalam kejadian ini tidak ada kerugian. Dan dalam melakukan evakuasi tidak ada kendala. Dari kejadian ini tidak ada korban jiwa. *