MALANG, metro7.co.id – Sebanyak empat perangkat Desa Pagedangan, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, resmi dilantik, Rabu (7/4/2021). Pelantikan dan pengambilan sumpah oleh Kepala Desa (Kades) Pagedangan, Surono, berlangsung di Pendopo Desa Pagedangan.

Empat perangkat desa tersebut, terdiri dari dua Kepala Urusan (Kaur) dan dua lainnya sebagai Kepala Dusun (Kadus). Masing-masing Kaur Pembangunan, Kaur Pelayanan, Kadus Bokor dan Kadus Supiturang.

Para perangkat desa yang dilantik itu, telah melalui seleksi tes. Berupa tes interview, tes tulis dari Kecamatan dan tes pidato.

“Jadi, pengangkatan perangkat Desa Pagedangan ini, sudah sesuai dengan surat Keputusan Kepala Desa,” kata Surono.

Ia mengatakan, pelantikan ini merupakan saat yang sangat penting. Sebab, pelantikan ini menunjukan bahwa proses penjaringan dan seleksi perangkat desa sudah dilaksanakan sebagaimana mestinya.

“Saya percaya kalau perangkat yang terpilih hingga dilantik dan diambil sumpahnya hari ini, adalah mereka yang terbaik dan potensial,” ujar Surono.

Oleh karenanya, ia berharap kepada perangkat desa yang baru dilantik, agar menunjukkan kinerjanya terhadap masyarakat. Ia juga menegaskan, komunikasi dan koordinasi menjadi hal utama dalam menjaga kekompakan.

“teruslah berpacu dengan semangat untuk menjadikan Desa Pagedangan menjadi desa yang maju,” demikian ucap Surono.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Turen (mewakili), Babinsa, Bhabinkamtibmas Desa Pagedangan, perangkat Desa, tokoh Agama dan sejumlah masyarakat Desa Pagedangan, serta tamu undangan lainnya.

Sebagai informasi, Desa Pagedangan dibagi menjadi empat pedukuhan, yaitu Dukuh Pagedangan, Kasian, Bokor dan Supiturang. Desa Pagedangan memiliki 12 RW dan 74 RT, dengan jumlah penduduk mencapai 11 ribu lebih jiwa.

Sesuai dengan potensi wilayahnya, mayoritas masyarakat Desa Pagedangan, bermata pencaharian di bidang pertanian. Keadaan itu membuat masyarakat di Desa tersebut mempunyai tingkat perekonomian menengah ke bawah.

Segi sosial keagamaan, masyarakat Desa Pagedangan mempunyai nilai lebih dibandingkan dengan desa lain yang ada di Kecamatan Turen. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kegiatan keagamaan dan sosial yang sering dilaksanakan oleh masyarakat Desa Pagedangan.[]