MALANG, metro7.co.id – Jajaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Malang, melaksanakan pelatihan kelompok masyarakat dan relawan dalam upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 di Kabupaten Malang, Rabu (17/11/2021). Pelatihan berlangsung di Ekowisata Boon Pring, Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang.

Acara pelatihan dipimpin dan dibuka langsung Kepala bidang Perlindungan Masyarakat (Linmas) Pol PP, Kabupaten Malang, Teddy Wiryawan Priambodo. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan skill kelompok masyarakat dan relawan dalam pencegahan dan penanganan Covid-19 di wilayah masing-masing.

“Sekarang masih musim pandemi, oleh karena itu, kami mengadakan kegiatan khusus untuk penanganan Covid berupa pelatihan khusus kepada relawan dengan harapan para relawan bencana nanti bisa menangani bencana maupun non bencana,” jelas Teddy.

Selain itu, Pol PP juga merangkul kelompok masyarakat, seperti ibu-ibu PKK, kelompok kesehatan, kader-kader Pokja PKK, supaya bekerjasama ditingkat desa atau RT untuk melakukan penanganan Covid-19 di Wilayah masing-masing.

Ia mengatakan, perkembangan penanganan Covid-19 di Kabupaten Malang, terbilang cukup baik karena sudah masuk pada level dua. Meski demikian, pihkanya tak lengah dan tak ingin Euforia dengan kondisi tersebut.

“Kami tetap memberikan penekanan dan pengawasan terhadap teman-teman di Wilayah khususnya di Kecamatan, desa bahkan tingkat RT, supaya mereka tetap waspada dan tetap harus memperhatikan dan memperketat protokol kesehatan,” tandas Teddy.

Apalagi dengan adanya program inovasi Satpol PP yang diberi nama Solidaritas Aman Keluarga (SAK RT). Ini menunjukkan bahwa kita berupaya menghidupkan kembali kearifan lokal dan gotong royong, saling mengingatkan dan saling komunikasi. Baik melalui media sosial berupa group WhatsApp atau pun group lainnya.

“Jadi Pak RT bisa menginformasikan kepada warga bagaimana kondisi warga dan wilayahnya, sehingga warga bisa bahu membahu, gotong royong apabila ada yang terindikasi Covid dan bisa tertangani ditingkat RT maupun ditingkat tenaga kesehatan, Bhabinkamtibmas dan ditingkat tokoh masyarakat, serta tokoh pemuda,” kata Teddy.

Ia menambahkan, sebelum melakukan pelatihan di Boon Pring, Turen, Satpol PP Kabupaten Malang, juga telah melaksanakan kegiatan sarasehan terkait penanganan Covid-19, di Wilayah Wagir, belum lama ini.

“Di Kecamatan Wagir kami melakukan sarasehan terkait penangan Covid, kepasa anggota masyarakat, Ketua RT/RW dan tokoh masyarakat, berbeda dengan di sini, kalau di sini adalah pelatihan terhadap petugas yang ditugaskan di lapangan dalam penanganan dan pencegahan Covid-19,” demikian Teddy.

Hadir sebagai narasumber pada pelatihan kali ini, petugas Palang Merah Indonesia (PMI), BNPB, petugas kesehatan serta Stikes Kabupaten Malang. ***