MALANG, metro7.co.id – Guna memetakan dan memantau kesehatan seluruh Pegawai, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, lakukan tes Swab PCR, sejak 30 Januari hingga 5 Februari 2021, lusa.

Tes Swab PCR ini, atas kerjasama Pemkab Malang dengan Mobile Combat PCR Covid-19, asal Jakarta. Pemeriksaan dilakukan di halaman Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang, Kota Kepanjen.

Captain Mobile Combat PCR Covid-19, Praswira Trisuratno Putra, menyampaikan, sebanyak empat orang yang ditugaskan sebagai tim PCR Covid-19, dibantu oleh tim Dinkes, Kabupaten Malang.

Ia menjelaskan, jenis Swab PCR atau Polymerase Chain Reaction, adalah pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi keberadaan material genetik dari sel, bakteri, atau virus.

Menurut Praswira, metode pemeriksaan menggunakan stik kecil yang dimasukkan ke lubang hidung tersebut, diklaim lebih akurat dibanding tes antigen atau rapid tes pada umumnya.

“Kemarin, giliran pegawai Diskominfo Kabupaten Malang yang Swab PCR untuk pengambilan sample, mereka adalah staf dan Kepala Bidang,” kata Praswira, Rabu (3/2/2021).

Hasil pemeriksaan tersebut, kata dia, diperoleh setelah tiga jam usai dilakukan tes.

“Alhamduliilah, berdasarkan hasil uji lab kemarin, hasilnya semua negatif dari Covid-19,” demikian tegas Praswira.