MALANG, metro7.co.id – PMII Rayon Ar-Rozi Komisariat UNISMA telah melaksanakan pembukaan kegiatan short pengabdian masyarakat bertemakan “Abdi PMII Untuk Negeri” di Desa Gunung Jati, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Acara berlangsung selama 15 hari.

Dibuka dengan sambutan dari Kepala Desa Gunung Jati, juga dihadiri oleh perangkat desa dan masyarakat setempat.

“Saya selaku Kepala Desa sangat senang dengan kedatangan mahasiswa di desa kami, semoga mahasiswa bisa mengimplementasikan ilmu yang didapat di Universitas dan belajar bermasyarakat secara langsung serta dapat membantu baik di Kantor Desa, juga di masyarakat,” ujar Rakub selaku Kepala Desa Gunung Jati.

Jauh hari sebelum acara dilaksanakan, pengurus telah melakukan survei lokasi untuk mengetahui apa saja mayoritas pekerjaan masyarakat Gunung Jati serta kondisi pendidikan di desa tersebut.

Pengabdian masyarakat ini juga menjadi salah satu program unggulan tahunan di PMII Rayon Ar-Rozi.

Mieta Widya Ramadhani selaku Ketua Rayon PMII Ar-Rozi juga mengungkapkan, mahasiswa perlu terjun langsung dalam masyarakat untuk menerapkan ilmu yang didapatkan dalam perkuliahan terhadap masyarakat.

“Selama 15 hari ke depan, ada beberapa program yang akan dijalankan seperti edukasi pembuatan pupuk kompos, jamu herbal dan cek kesehatan lansia. Selain itu, juga ada beberapa program pendidikan, seperti pelatihan desain, sosialisasi bullying, sosialisasi pernikahan dini terhadap pelajar SMP dan SMA, juga mengaji di TPQ terdekat,” paparnya.

Dalam sosialisasi pembuatan pupuk kompos tersebut PMII Rayon Ar-Rozi bekerja sama dengan salah satu dosen Fakultas MIPA, Dr Sama’ Iradat Tito untuk ikut serta sebagai pemateri.

“Bahwa di era sekarang pupuk kompos sangat mudah dan praktis untuk digunakan, apalagi bahan baku pembuatan pupuk kompos dapat dijumpai disekitar masyarakat seperti daun kering dan sampah organik,” ujarnya.

Tak hanya itu, agar terjaminnya kepercayaan dan keselamatan masyarakat, dalam program cek kesehatan terhadap lansia juga langsung ditangani oleh Endah Sulistyowati, selaku perawat ITSK Soepraoen.

Penutupan acara dihiasi semarak karnaval di Desa Gunung Jati, dengan PMII Ar-Rozi yang juga ikut bergabung dalam kepanitiaannya.

“Terima kasih kepada PMII Ar-Rozi dan semua warga yang sangat antusias dalam mengsukseskan acara ini, serta mengungkapkan harapan bahwa pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dapat segera diterapkan untuk meningkatkan kualitas pertanian di desa,” tutupnya.