SAMPANG, metro7.co.id – Pengambilan Sumpah dan Peresmian Anggota Badan Permusyawaratan Desa BPD Desa Prajaan dan Desa Darma Camplong Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang Tahun 2022 berjalan lancar, di Pendopo Kecamatan Camplong, Kamis (30/6).

Tampak hadir, Wakil Ketua DPRD Sampang Amin Arif Tirtana didampingi anggota DPRD Dapil VI Agus Husnul Yakin, Forkopimcam Camplong, sejumlah Kepala Desa serta tokoh masyarakat.

Bupati Sampang H Selamet Junaidi dalam sambutannya melalui Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Malik Ambrullah mengucapkan, selamat dan sukses kepada para anggota DPD Desa Prajjan dan Desa Dharma Camplong.

Malik menjelaskan, penyelenggaraan Pemerintahan Desa selalu melibatkan dua unsur utama, yaitu Kepala Desa dan BPD sebagai mitra kerja Kepala Desa, BPD pada esensinya harus berfungsi optimal dalam 4 aspek.

Diantaranya, menampung dan menyuarakan aspirasi masyarakat desa, membahas dan menyepakati ranjangan peraturan desa bersama kepala desa, mengawasi kinerja kepala desa serta bekerja sama dengan kepala desa dan perangkat desa dalam membangun dan memajukan desa.

“Para anggota BPD mempelajari dan menguasai peraturan yang berkaitan dengan penyelengaraan pemerintahan desa terutama Perda Kabupaten Sampang nomor 2 Tahun 2015 tentang penyelenggaraan pemerintahan desa dan peraturan bupati nomor 57 tahun 2018 tentang Permusyawaratan desa,” bebernya.

Ia juga mengingatkan, BPD berhak mengawasi dan meminta keterangan terkait penyelenggaraan pemerintahan desa kepada kepala desa dan perangkatnya, BPD juga berhak menyatakan pendapat terkait pelaksanaan Pembangunan desa.

“Karena itu sesuai kapasitasnya para anggota BPD juga diberikan hak atas biaya operasional dari APbdes didalam melaksanakan tugas dan fungsinya,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, PJ Prajen sugianto
Usai dilantiknya anggota BPD tersebut, mengucapkan selamat, tak hanya ucapan selamat, dia pun kini menaruh harapan besar kepada para anggota BPD yang baru saja dilantik untuk lebih proaktif dalam bekerja dan lebih bersinergi dalam mengemban tugasnya.

“Semua anggota BPD yang sudah dilantik, dan saya berharap semoga semua anggota BPD Prajjan dapat bekerja sama untuk kemajuan desa demi tercapainya kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.