MALANG, metro7.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, akan melaksanakan Vaksinasi Covid-19 perdana, Sabtu (30/1/2021). Pelaksanaan vaksinasi akan berlangsung di Pendopo Agung Kepanjen.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, Arbani, menyampaikan, orang pertama yang akan di suntik vaksin Sinaovac, yaitu Wakil Bupati Malang terpilih, Didik Gatot Subroto. Dilanjutkan Forkopimda Kabupaten Malang.

Penyuntikan perdana terhadap Wabup Malang terpilih ini bukan tanpa alasan. Bupati Malang, kata Arbani, siap di suntik vaksin, namun dari sisi petunjuk teknis Kementerian Kesehatan, bahwa sasaran dari vaksinasi ini adalah usia dari 18 sampai 59 tahun.

Sedangkan Bupati Malang, telah berusia 60 tahun, sehingga Bupati tidak menjadi sasaran penyuntikan vaksin ini, kata Arbani, usai gladi bersih di Pendopo Agung Kepanjen, Rabu (27/1/2021).

Total dosis vaksin yang didistribusi ke Kabupaten Malang, lanjut Arbani, sejumlah 7.000. Masih kurang 1.340. Rencananya, Minggu depan akan didistribusikan lagi.

7.000 vaksin tersebut, akan didistribusikan mulai Rabu hingga Sabtu mendatang. Selama tiga hari semua vaksin sudah terdistribusi ke seluruh Fasilitas Kesehatan (Faskes) yang ada.

Sehingga, setelah pencanangan Sabtu depan, maka Senin pekan depan, sudah dilaksanakan serentak di seluruh Faskes, tandas Arbani.

“Sebanyak 58 Faskes yang sudah disediakan”, tutup mantan Dirut RSUD Lawang itu.