WONOSOBO, metro7.co.id – Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat, dalam pidatonya pada Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116 di Halaman Pendopo pada Senin (20/5) menekankan pentingnya kebangkitan bersama seluruh elemen bangsa untuk mengatasi berbagai krisis global dan menuju Indonesia Emas 2045.

Ia menegaskan bahwa momentum ini harus dimanfaatkan untuk menumbuhkan kesadaran diri dalam mengembangkan potensi dan meraih peluang demi kemajuan bangsa. “Saya optimis, kita mampu membangkitkan kembali seluruh sektor di Kabupaten Wonosobo tercinta, sehingga kesejahteraan masyarakat tidak lagi menjadi cita-cita, namun mampu diwujudkan,” ujarnya.

Dalam upaya ini, pembangunan sumber daya manusia menjadi fondasi utama. Menurut Afif, percepatan penurunan prevalensi stunting, penanganan anak tidak sekolah, dan penguatan profil Pelajar Pancasila adalah langkah-langkah krusial yang harus diambil.

Seluruh potensi, termasuk bonus demografi dan transformasi digital, harus dimanfaatkan sebagai modal dasar menuju Indonesia Emas. “Mari maknai peringatan tahun ini sebagai momentum kebangkitan spirit persatuan dan kesatuan, gotong royong, serta kebersamaan,” tambahnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Wonosobo, Fahmi Hidayat, juga menekankan pentingnya inovasi dan pemanfaatan teknologi dalam mewujudkan good governance dan pertumbuhan ekonomi lokal. Transformasi digital diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja baru, mendukung pertumbuhan ekonomi, dan meningkatkan produktivitas.

Selain itu, transformasi digital juga harus meningkatkan akses terhadap teknologi untuk mitigasi perubahan iklim dan mengoptimalkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

“Mari kita jaga keberlanjutan implementasi inovasi dan program yang sudah ada, sembari menciptakan berbagai terobosan baru untuk menghadapi dinamika tantangan dan permasalahan daerah,” pungkas Fahmi. *