BANGKA BELITUNG, metro7.co.id – Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Muhammad Haris, direncanakan bakal dilantik menjadi Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Bangka, Rabu (27/9) pekan depan, oleh Penjabat Gubernur Provinsi Kepulauan Babel, Suganda Pandapotan Pasaribu.

Kabar bahagia tersebut dikonfirmasi Kepala Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Pemprov Babel, Kurniawan.

“Sudah ada, pak Haris dan akan dilantik Rabu pukul 09.00 Wib. Surat Keputusannya (SK) nanti, saya akan serahkan kepada beliau Senin besok dan dilantik oleh Pj Gubernur Babel,” ungkap Kurniawan.

Sementara, Kurniawan mengatakan kalau Surat Keputusan (SK) dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk pengesahan Muhammad Haris telah diterima oleh pihaknya, Sabtu (23/9) kemarin. “Kemarin kita terima SK dari Kemendagri,” ucapnya.

Muhammad Haris sendiri saat dihubungi oleh redaksi melalui pesan seluler membenarkan jika dirinya akan mengisi posisi Pj Bupati Kabupaten Bangka selepas pemerintahan Mulkan dan Syahbudin berakhir, Rabu (27/9) pekan depan.

“Ya benar, saya sudah diberitahu akan dilantik Rabu minggu depan. Insya Allah yang melantik pak Gubernur Babel,” kata Muhammad Haris atau yang akrab disapa Haris, Minggu (24/9) sore.

Dirinya mengatakan, tidak ada persiapan secara khusus untuk menduduki kursi Pj Bupati Bangka ke depan.

Baginya, jabatan Pj Bupati Bangka merupakan amanah dari pemerintah pusat dan masyarakat yang harus siap ia emban dan pertanggung jawabkan.

Karena itu Haris dalam pesannya meminta dukungan dari DPRD dan Organisasi Perangkat Dinas (OPD) di Kabupaten Bangka, termasuk masyarakat agar dapat saling bersinergi untuk melanjutkan pembangunan di Kabupaten Bangka hingga setahun ke depan.

“Mohon dukungan teman-teman DPRD, jajaran Forkopimda, Ormas, OKP, dan seluruh elemen masyarakat. Kita lanjutkan pembangunan di Kabupaten Bangka ini secara bersinergi,” ucap sosok yang selama ini dikenal akrab di kalangan wartawan maupun masyarakat.

Dia juga menambahkan, setelah selesai dilantik nanti, dirinya akan memprioritaskan kelanjutan program Pemerintah Kabupaten Bangka yang sudah berjalan.

“Tugas Pj (penjabat-pen) tersebut melanjutkan pembangunan yang sudah berjalan, menyiapkan transisi, hingga terpilihnya kepala daerah yang baru nanti,” jelas Haris.

Apalagi, lanjut dia, saat ini sudah memasuki bulan 10 di penghujung tahun 2023, sehingga APBD Perubahan Kabupaten Bangka sudah berjalan.

“Itu (APBD Perubahan-pen) yang kita prioritaskan, sambil menyiapkan APBD 2024. Karena 2024 itu ada Pemilu yang harus kita sukseskan. Itu prioritas kita ke depan,” terangnya.

Sebagai informasi, Muhammad Haris sendiri bukan figur baru di Kabupaten Bangka.

Sosok pria 47 tahun ini justru memulai karirnya sebagai ASN dari level bawah. Tercatat, Haris pernah menjabat Lurah Parit Padang dan Camat Mendo Barat, saat meniti karir ASN di Kabupaten Bangka, sebelum dirinya dipercayakan menjabat berbagai posisi penting di Pemprov Babel.