BANGKA BELITUNG, metro7.co.id — Polda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar rapat koordinasi lintas sektoral, Senin (20/12/2021) siang, dalam rangka persiapan ‘Operasi Lilin Menumbing Tahun 2021’.

Diadakan di Gedung Tribrata Polda Babel, kegiatan ini dihadiri sejumlah Forkopimda antara lain Gubernur Erzaldi Rosman, Kapolda Irjen Pol Yan Sultra, dan Danrem 045/Gaya Brigjen TNI M. Jangkung.

Hadir pula dalam kegiatan Wakapolda Babel Brigjen Pol Umardani dengan jajaran pejabat utamanya, Kapolres beserta jajaran maupun instansi pemerintah lainnya dari provinsi, dan kota/kabupaten.

Dalam kesempatannya Kapolda berkata rapat koordinasi lintas sektoral ini sebagai bentuk sarana evaluasi dan peningkatan kualitas kinerja, khususnya kesiapan pengamanan perayaan Natal dan tahun baru nanti.

Menurut orang nomor satu di Polda Babel itu, berbagai masalah yang muncul belakangan ini memengaruhi perkembangan kondusifitas lingkungan, baik berskala nasional maupun perihal sebaran pandemi Covid-19, bencana alam, politik, ekonomi, sosial-budaya, dan keamanan negara. 

Sehingga menurutnya hal ini berpotensi berdampak terhadap dinamika kamtibmas masyarakat.

“Maka melalui rakor ini agar ditemukan solusi yang tepat sehingga semua kegiatan yang berkaitan dengan Nataru (Natal dan tahun baru-pen) ini dapat berjalan aman dan lancar,” ujar Kapolda. 

Lebih lanjut Kapolda juga menyampaikan kalau pihaknya saat ini dituntut meningkatkan pelayanan serta pengamanan guna menjamin situasi yang kondusif, agar proses kegiatan masyarakat bisa berlangsung aman dan lancar.

Untuk itu dia meminta pelaksanaan ‘Operasi Lilin 2021’ yang akan dilaksanakan selama 10 hari ke depan lebih mengedepankan tindakan pelayanan dan pencegahan yang didukung oleh kegiatan deteksi dini maupun penegakan hukum.

“Oleh karena itu, rakor lintas sektoral yang dilaksanakan ini sebagai upaya menyamakan pola tindak serta meningkatkan sinergi kita dalam rangka kesiapan pengamanan Nataru di Babel,” tutup jenderal bintang dua itu.[]