BANGKA BELITUNG, Metro7.co.id – Tercapainya target vaksinasi Covid-19 di wilayah hukum Polres Bangka mendapat apresiasi langsung dari Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Brigjen Pol Drs Umardani.

Hal itu diungkap Wakapolda yang juga selaku Ketua Satgassus Percepatan Vaksinasi Bangka Belitung usai melakukan pengecekan tempat ibadah yang ada di Kabupaten Bangka, Jumat (24/12/2021) malam.

“Ini prestasi luar biasa pak Kapolres. Ini berkat kerja keras pak Kapolres dan seluruh anggota Polres, juga tentunya ‘stakeholder’ lainnya, seperti TNI, tenaga kesehatan, Pemda, perangkat desa, dan lainnya,” tutur Wakapolda kepada Metro7.

Target vaksinasi Covid-19 ini, bebernya, bisa tercapai berkat adanya kerjasama dari semua pihak yang terlibat.

“Alhamdulillah, target pemerintah akhir tahun 70 persen di seluruh jajaran Polda Babel sudah tercapai,” ucapnya.

Kendati demikian, ia pun menegaskan, kalau vaksinasi Covid-19 harus bisa mencapai 100 persen dari jumlah penduduk Bangka Belitung, sebagaimana target Polda Babel itu sendiri.

Apalagi jika merujuk data penduduk Babel yang mencapai 1.137.428 jiwa, Wakapolda berkata jumlah populasi tersebut bukan data faktual, dikarenakan penduduk migran yang menetap di Bangka Belitung saat ini masih cukup banyak yang belum mengurusi perpindahan domisili.

Sebab itu, dirinya menegaskan kalau penduduk migran yang belum pindah domisili itu mesti tetap pula dilayani.

“Ini lah peran kita. Harus duduk bareng carikan solusinya. Apapun alasannya masyarakat kita harus tetap kita lindungi, layani, dan perhatikan kesehatannya juga,” tegas Umardani.

Ditambahkan, Wakapolda juga meminta peran aktif perangkat daerah agar menyelesaikan masalah administrasi kependudukan seperti NIK KTP yang belum terdata atau bermasalah tersebut secepat mungkin, supaya target vaksinasi Covid-19 di Bangka Belitung dapat tercapai optimal.

“Permasalahan seperti NIK-nya salah adalah masalah kecil. Saya sudah minta Kapolres [untuk] koordinasi dengan OPD (Organisasi Perangkat Daerah-pen) di sini agar masalah ini segera terselesaikan,” tutup jenderal bintang satu itu.