MALANG, metro7.co.id – Mahasiswa Program Studi Administrasi Publik, Universitas Islam Malang (Unisma), Muhamad Hasyim Maulana berhasil meraih juara 1 nasional lomba Penulisan Kebijakan yang diselenggarakan oleh Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat UNU Yogyakarta.

Hasyim mengatakan, ia mulai tertarik dengan dunia pemerintahaan terutama terkait perkembangan kebijakan publik, selain itu, aktif menganalisis, menulis serta mengikuti berbagai lomba terkait penulisan analisis kebijakan.

Hasyim memilih Lomba Analisis Penulisan Kebijakan, jenis penulisan berbentuk mini riset terkait analisis kebijakan. Fokusnya pada penyampaian fakta-fakta penting dengan cara yang lugas dan objektif.

“Saya memilih jenis ini karena menurut saya, sebagai mahasiswa memiliki kemampuan analitikal thingking terhadap kebijakan yang dikeluarkan pemerintah sangatlah penting. Yang dikarenakan dari pemikiran yang dituangkan dalam analisis inilah dapat menberi sumbangsih berupa perbaikan atas kebijakan serta wujud partisipasi mahasiswa sebagai agen of control terhadap kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan pemerintah,” ucapnya, Jumat (19/7).

Prosesnya melibatkan beberapa tahap, mulai dari pengumpulan data, wawancara dengan narasumber, hingga penulisan dan penyuntingan.

“Tantangan utamanya (penulisan mini riset terkait analisi kebijakan ini tentang mencari cara pandang para ahli, pemangku kepentingan dengan mengaitkannya terhadap fakta dan pandangan penulis terkait kebijakan yang dianalisis). Selain itu, menyusun mini riset ini harus disajikan secara lengkap, jelas dan informatif agar memudahkan pembaca,” terangnya.

Inspirasinya datang dari pengamatan sehari-hari dan data yang ia kumpulkan selama beberapa bulan terakhir. Ia melihat banyak perubahan dan tantangan yang dihadapi masyarakat, dan merasa penting untuk menyampaikan hal ini kepada publik.

“Saya sampai hari ini berada di LPM Nadifia Unisma, aktif juga di Biro Pendidikan Bagian Jurnalistik PMII Rayon Al Fanani. Latar belakang dan proses ini saya rasakan betul manfaatnya, sampai saya bisa meraih prestasi,” jelasnya.

Selain itu, Hasyim juga bersyukur dan akan mengembangkan lebih dalam lagi minatnya dalam ilmu penulisan terutama terkait analisis kebijakan.

“Saya merasa sangat bersyukur dan senang. Kemenangan ini menjadi motivasi bagi saya untuk terus belajar dan mengasah kemampuan penulisan dan analisis thingking. Ke depannya, saya berencana untuk lebih aktif lagi dalam berbagai kegiatan terutama penulisan terhadap kebijakan yang ada,” pungkasnya.