BANDARLAMPUNG, metro7.co.id – Membangkitkan kembali industri kopi Lampung yang terdampak pandemi covid-19, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menggelar Festival Kopi Lampung 2020 di Ballroom hotel Sheraton, Bandar Lampung, Rabu (4/11/2020).

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Lampung Riana Sari Arinal membuka festival tersebut. Ia mengatakan, ajang festival ini bertujuan untuk membangkitkan kembali semangat industri kopi Lampung yang terimbas pandemi covid-19

“Festival ini untuk menggairahkan kembali kegiatan ekonomi di Provinsi Lampung dan mengurangi dampak negatif dari pandemi covid-19. Sehingga bidang usaha industri kopi di Provinsi Lampung dapat bangkit kembali,” ujarnya

Riana Sari Arinal mengatakan, Festival Kopi Lampung Tahun 2020 ini juga menyediakan ruang bagi pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di sektor kopi untuk menampilkan produknya. Selain itu juga diadakan lomba barista dan tata hidang makanan.

“Diharapkan juga akan tumbuh inovasi-inovasi baru dalam mengembangkan olahan kopi di kalangan masyarakat Indonesia sehingga dapat meningkatkan konsumsi kopi perkapita dalam negeri,” katanya.

Riana mengatakan, Pemprov Lampung memberikan ruang bagi para usahawan muda dan para IKM kopi untuk memasarkan produknya di galeri Dekranasda.

“Insyaallah Bapak Gubernur juga sudah mempersiapkan ruang di rest area jalan tol untuk para IKM/UMKM termasuk yang bergerak di sektor kopi,” ujarnya.