METRO, metro7.co.id – Pemerintah Kota Metro lakukan Audiensi bersama Organisasi Masyarakat (Ormas) Laskar Merah Putih, di Ruang Kerja Walikota Metro, Jumat (14/1/2022).

Selaku ketua Ormas Laskar Merah Putih Irawan Saputra, menyampaikan Ormas Laskar Merah Putih telah berdiri sejak 6 November 2021. Saat ini Laskar Merah Putih siap bersinergi dengan pemerintah untuk kedepannya.

“Dengan pertemuan ini, kami siap bersinergi untuk mendukung program Pemerintah Kota Metro dalam hal apapun, termasuk keamanan dan pembangunan. Salah satu kegiatan yang telah kami lakukan, berupa donasi pada bencana Gunung Semeru, serta beberapa program kedepannya seperti donasi kepada fakir miskin dan janda,” ucapnya.

Lanjutnya, ia mengatakan sedikit bimbingnya terhadap keberadaan Ormas Laskar Merah Putih, yang belum diakui oleh negara dan belum diakui Kesbangpol Kota Metro.

Selaku Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kasbangpol) Kota Metro Rosita, menyampaikan penjelasan terkait keberadaan Laskar Merah Putih yang belum terakui secara de facto, hal ini sudah dirapatkan bersama tim pengawasan.

“Untuk masalah yang dimana Laskar Merah Putih saat ini belum diakui, kami telah rapat bersama tim pengawasan hak Ormas, segala kegiatan untuk membantu Pemerintah Kota Metro tetap diizinkan,” jelas Rosita.

Walikota Metro Wahdi juga menyampaikan, dasar keberadaan lembaga-lembaga yang hadir ditengah masyarakat, juga harus terdaftar dan terakui oleh Negara maupun Kesbangpol setempat. Untuk itu, Pemkot senang dengan keberadaan lembaga-lembaga yang dapat membantu dalam proses membangun Kota Metro kedepan.

“Tidak diakuinya keberadaan oleh Kesbangpol, pasti ada menyebabkan hal-hal pertimbangan. Dalam kelembagaan harus jelas, sehingga pemerintah dan Ormas dalam hal ini bisa membangun daerahnya secara bersama kedepannya,” katanya.

Wahdi juga mendukung dengan keberadaan Laskar Merah Putih yang dimana dapat bersinergi, tentunya
dari berbagai segi sumber daya manusia, serta bagaimana menggerakkan masyarakat dalam perannya.

“Maka Kesbangpol dalam hal ini, sangat mancermati hal itu,” pungkasnya.(*)