MALTENG, metro7.co.id – Gempa tektonik mengguncang wilayah Laut Seram pada Kamis (4/11/2021) pukul 09.42.44 WIB. 

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo Mw=5,7.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2,77° LS;129,39° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 75 km arah Timur Laut Maluku Tengah, Maluku pada kedalaman 12 km. 

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar naik Seram Utara, North Seram Thrust.  

“Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Sawai V MMI Getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun, Wahai IV MMI. Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, Ambon , Masohi dan Saparua III MMI Getaran dirasakan nyata dalam rumah,” kata Bambang melalui pres rilisnya.

Ia menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. 

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” ujarnya.

Sementara itu, melalui via telepon kepala BPBD Kabupaten Maluku Tengah, Latif Key mengatakan, saat ini dirinya telah menerjunkan Tim BPBD untuk mengecek informasi kerusakan yang diterimanya melalui warga.

“Saya telah menerjunkan tim ke lokasi titik gempa salah satunya di Negeri Sawai, dan Kecamatan Seram Utara secara keseluruhan karena menurut informasi yang kami terima ada sejumlah rumah yang mengalami kerusakan akibat gempa yang berkekuatan 5,9 Magnitudo tadi,” bebernya. 

“Untuk informasi rincian rumah rusak baik ringan maupun sedang dan berat akan kami sampaikan setelah tim kami berada di lokasi,” tambah Latif Key.[]