MALTENG, metro7.co.id – Tim Penggerak PKK Kabupaten Maluku Tengah(Malteng) menggalakan potensi pangan lokal untuk mendatangkan nilai ekonomis.

Hal itu dilakukan TP-PKK Malteng dengan menggelar Festival Pangan Lokal B2SA dan lomba masak serba ikan, Senin (1/11/2021). Kegiatan tersebut diselenggarakan atas kerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perikanan, dan DPMPNP3A setempat.

Ketua TP-PKK Malteng Amien Ruati Tuasikal menerangkan, PKK sebagai mitra pemerintah daerah terus mendorong masyarakat untuk gemar makan ikan dan mengonsumsi pangan lokal yang beragam, bergizi seimbang dan aman. “Sehingga dapat mengurangi stunting, gizi buruk,” katanya.

Selain itu, kegiatan tersebut juga disebut Amien untuk mengampanyekan pemanfaatan potensi pangan lokal dan ikan yang ada di daerah sehingga bisa mendatangkan nilai ekonomis.

Dalam kesempatan itu, TP-PKK Malteng juga menggelar rapat konsultasi. “Pertemuan ini kita jadikan untuk menyamakan persepsi dan mensinergikan program kerja TP-PKK kabupaten hingga kecamatan dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait,” terang Amien.

Amien berharap, momentum itu dapat memberikan motivasi kepada seluruh tim agar makin solid, giat, dan serius menjalankan tugas dan fungsi demi terwujudnya kesejahteraan keluarga.

“Mari kita berinovasi dalam melaksanakan 10 program pokok PKK guna meningkatkan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga dan masyarakat,” ujarnya.

Amien tidak lupa meminta dukungan anggota TP-PKK utuk dirinya selaku Ina Parenting Malteng dalam memerangi stunting dan menjadikan Malteng sebagai kabupaten layak anak.

Pada kesempatan itu juga dilaksanakan penandatanganan perjanjian kerja sama antara TP-PKK Malteng dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan tentang perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi anggota TP-PKK Malteng.[]