TALIABU, metro7.co.id – Bantuan Langsung Tunai (BLT-DD) tahap II di Desa Losseng, Kecamatan Taliabu Timur Selatan, menuai soal!

Pasalnya, pencairan BLT-DD semester II ini, diketahui telah dicairkan pada bulan september kemarin, dan disalurkan ke masyarakat.

Bagaimana tidak, seperti yang dilansir Metroposr1.com, proses penyaluran tersebut, nampak terselesaikan disejumlah Desa, satu diantaranya adalah Desa Maluli Taliabu Selatan, yang telah menyelesaikan penyaluran BLT-DD tahap II ke warga penerima pada bulan september kemarin.

Hal ini menjadi cambuk ultimatum bagi Kepala Desa setempat, yang semestinya memberikan informasi mengenai keterlambatan penyaluran BLT-DD ke penerima di Desa Losseng.

Atas hal tersebut, Hayati La Kosi selaku penerima BLT-DD Desa Losseng, mengakui resah soal ini, ditambah dengan nihilnya informasi dari pihak Pemerintah Desa Losseng soal belum adanya realisasi BLT-DD tahap II.

“Kami masyarakat penerima BLT di Desa Losseng, Kecamatan Taliabu Timur Selatan, hingga saat ini belum juga terima di tahap dua tanpa informasi yang jelas dari Kepala Desa,” ungkap Hayati pada Wartawan di Losseng, Senin (16/11/2020).

Justru seharusnya, penyaluran BLT-DD tahap kedua ini sudah disalurkan ke penerima di Desa Losseng.

Hal itu tertuang dalam Peraturan Mentri Keuangan (PMK) Nomor 50/PMK.07/2020, tentang perubahan kedua tersebut, 205/PMK.07/20219 tentang pengelolaan Dana Desa (DD) Masyarakat Penerima BLT kembali menerima bantuan lanjutan yang harus di bayar Bulan Agustus, September dan Oktober sebesar Rp.900.000.

Berdasarkan prosedur, Oktober kemarin merupakan penyaluran semester II.

“Sepengetahuan kami, BLT semester 2 ini sudah kami terima kenapa hingga saat ini belum juga diberikan ke kami ada apa,” tanya Hayati.

Hingga berita ditayangkan, Kepala Desa Losseng, Pulau Taliabu, Maluku Utara, Hariyono La yai belum juga merespon hal tersebut.