HALMAHERA UTARA, metro7.co.id – Dalam rangka memperingati HUT RI Ke-75 Republik Indonesia, Forkopimda Halmahera Utara gelar upacara apel kehormatan dan renungan suci untuk menghormati jasa pahlawan merah putih di taman makam pahlawan (TMT) Yasin Gamsungi dan kawan-Kawan di desa Soasio Kecamatan Galela, Halut, kemaren.

Inspektur upacara apel
kehormatan dan renungn suci di TMP di pimpin lngsung Kommdan Kodim 1508/Tobelo Letkol Inf I Putu Witharsana Eka Putra.

Dalam memperingati HUT ke 75 Negara Kesatuan Republik Indonesia tahun ini, ada berbagai rangkaian kegiatan diantaranya upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci.

“Ada hal penting dalam pelaksanaan upacara AKRS ini yaitu kita bersama-sama menghormati dan menghargai para pahlawan yang telah berjuang bertaruh nyawa demi kemerdekaan Negara kita terncinta ini,” kata dandim.

Irup membacakan naskah apel kehormatan dan renungan suci, Menyatakan hormat yang sebesar besarnya atas keridhoan, keikhlasan dan kesuciam pengorbanan para pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan Negara dan Bangsa.

“Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang para pahlawan tempuh adalah jalan bagi kami juga,” ucapnya.

Selain mengheningkan cipta, dilakukan pula Penyalaan Obor secara massal, pembacaan do’a dan ditutup dengan penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan serta tabur bunga. *