SULA, Metro7.co.id – Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Kepulauan Sula menyalurkan bantuan kepada warga Transmigrasi yang ada di Desa Modapuhi Trans SP 1, Kecamatan Mangoli Utara, Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara.

Kedis Transnaker Kepulauan Sula, Abdi Umagapi mengatakan bahwa bantuan tersebut bertujuan untuk menjawab permasalahan listrik dan air bersih di lokasi Trans Modapuhi. “Alhamdulillah dengan adanya Dana Insentif Daerah (DID) kami salurkan dalam bentuk barang berupa Instalasi listrik dan Instalasi Air di 20 KK warga trans. Kami selalu berupaya terus untuk menjawab permasalahan-permasalahan yang ada di pemukiman Trans Modapuhi,” katanya, Minggu (17/1/2021).

“Dana Insentif Daerah (DID) ini diperuntukan untuk pemulihan ekonomi pada masyarakat di masa pasca Pandemi Covid-19 di tahun 2020 kemarin, dan alhamdulillah Dinas Trans juga mendapat dana tersebut untuk di alokasikan buat warga trans dan sebagian di salurkan untuk peningkatan kapasitas SDM dengan cara pelatihan ketenaga kerjaan skaligus berupa bantuan sarana dan prasarana tenaga kerja berupa perbengkelan, pertukangan,” kata Kadis Transnaker saat diwawancarai.

Lanjut Abdi Umagapi, Terkait dengan pemulihan ekonomi di masa pandemi kami tetap merencanakan kebutuhan yang ada di lokasi trans, pemukiman trans secara langsung tidak terdampak tapi ketika berbicara tentang hajat hidup orang banyak atau kebutuhan masyarakat kita tetap menyalurkan entah itu berupa barang maupun berupa uang tunai.

“Alhamdulillah, penyaluran bantuan ini berupa barang untuk 20 KK tersebut instalasi Pipa air, kran air kami juga memberikan bantuan pemasangan meteran dan instalasi listrik untuk setiap rumah dan ada 2 unit mesin kultifator untuk pengolahan lahan pekarangan warga,” ucapnya.

“tanggung jawab untuk pemukiman dan warga Transmigrasi itu bukan hanya dari Dinas Transmigrasi terkait dengan kebutuhan masyarakat itu tapi banyak dinas yang terintegrasi di lokasi tersebut ada Pertanian, ada PU, ada Ketahanan Pangan, ada Perindagkop, Dinsos dan juga DPMD,” kemudian Bapeda sebagai leading sector.

Dengan progres dan proses penyaluran Dana Insentif Daerah (DID) harapan kami selaku Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sula (Pemda Kab. Kepsul) agar kiranya masyarakat Transmigrasi dapat menikmati apa yang di berikan atau disalurkan oleh Pemda Sula.

“Untuk menjadikan warga trans yang mandiri dan profesional maka di butuhkan perhatian dan sentuhan dari Pemerintah Daerah,” Harapanya