SULA, metro7.co.id – Program aspirasi Alien Mus melalui Kementrian Pertanian RI gandeng Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) giat Bimbingan teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas petani dan penyuluh di Istana Daerah, Desa Fagudu, Kecamatan Sanana, Kepulauan Sula, Maluku Utara.

Anggota DPR RI, Alien Mus melalui staff ahli, Amana Upara mengatakan, bimtek yang dilakukan ini guna untuk memberikan pemahaman dan diprioritaskan bagi petani dan peternak yang mendapatkan program aspirasi Alien Mus.

“Ini menyangkut dengan penyuluhan dan pencegahan penyakit pada hewan ternak. Maka petani dan peternak juga diundang dalam kegiatan bimtek ini,” kata Amana, Senin (29/5).

Ia bilang, progam aspirasi Alien Mus sudah dijalankan dibeberapa Kecamatan dan Desa di Kepulauan Sula, sejak 2020 hingga 2023 berupa hewan ternak dan bibit tani.

Tidak hanya itu saja, bimtek ini juga berlanjut hingga 31 mei 2023 dengan tema perkebunan pembibitan cengkih serta tanaman holtikultura.

Bantuan hewan ternak melalui program aspirasi Alien Mus diberikan kepada 9 kelompok peternak di Kepulauan Sula. Sapi dibagikan ke 7 kelompok peternak, kambing 1 kelompok peternak dan ayam 1 kelompok peternak.

“Jadi, sapi 20 ekor perkelom ternak, kambing 20 ekor perkelompok ternak, dan ayam 500 ekor perkelompok. Kalau diakumulasi hewan ternak secara keseluruhan sebanyak 660 hewan ternak,” tutupnya.