SULA, metro7.co.id – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kepulauan Sula, Ichsan Sarfan, pastikan dalam waktu dekat, jaringan Telkomsel di Kecamatan Mangoli Utara bakal normal.

“Sementara sekarang lagi ada pengerjaan upgrade jaringan Telkomsel di Falabisahaya, mudah – mudahan dalam minggu ini jaringan Telkomsel sudah mulai normal dan dapat digunakan kembali,” ungkapnya pada Pewarta.

Sebelumnya, masyarakat di dua Kecamatan yakni Mangoli Utara dan Mangoli Barat pada beberapa bulan lalu, mengalami gangguan jaringan telkomsel yang akhirnya berdampak pada sistem komunikasi masyarakat secara langsung.

Di lain sisi, Pemerintah Daerah dalam hal ini Diskominfo Kabupaten Kepulauan Sula mengakui bahwa, percepatan perbaikan jaringan Telkomsel (TSEL) tersebut juga bagian dari gebrakan aksi Demonstrasi (21/09) oleh para Pemuda Mangoli Utara dan Mangoli Barat serta Mahasiswa dalam menggelorakan keresahan masyarakat terhadap dampak yang signifikan dari aspek telekomunikasi seluler tersebut.

“Dengan adanya aksi dari Forum Mahasiswa Mangoli Utara dan Mangoli Barat, maka pemerintah Daerah melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kepulauan Sula mengambil langkah cepat untuk berkoordinasi dengan Pihak Telkomsel Wilayah Sulut Malut di Manado, agar segera dapat mengatasi keluhan masyarakat Mangoli Utara dan Mangoli Barat dalam hal percepatan upgrade Jaringan Telkomsel yang berada di desa Falabisahaya,” jelasnya.

Secara terpisah, General Manager Telkom Indonesia Witel Sulut – Malut, Lonely Baringin Mangaranap menyampaikan, pihaknya telah mengupayakan normalisasi jaringan Telkomsel dan diikuti dengan pengerjaan pemasangan kabel optik.

“Kabel yang sedang atau pekerjaan yang di fala, benar itu pekerjaan Telkom untuk membangun jaringan fiber optik untuk masyarakat di fala. Jaringan akses fiber optik nanti akan di teruskan dengan pembangunan back-bone berbasis microwife. Progres sudah tujuh puluh persen (70%), diharapkan nanti akhir tahun ini sudah selesai semua,” ungkapnya.***