WONOSOBO, metro7.co.id – Puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Wonosobo ke- 198 berlangsung meriah, ribuan pengunjung dari berbagai profesi dan wilayah padati Alun-alun pada Senin 24 Juli 2023.

Antusias warga berbondong-bondong menyaksikan puncak Hari Jadi Wonosobo yang didominasi para pejabat pemerintah seperi ASN, Perangkat desa, Sekdes, Kades dan instansi lain, serta warga sekitar.

Pisowanan Agung merupakan salah satu agenda puncak acara Hari Jadi Kabupaten Wonosobo yang digelar setiap tahun pada tanggal 24 Juli karena bertepatan dengan hari lahir Kabupaten Wonosobo.

Prosesi ini diawali dengan kirab pusaka panji- panji (Kirab Panji-Panji Daerah yang terdiri dari Songsong Agung, Tombak Korowelang, Bendera Merah Putih dan Lambang Daerah), foto para bupati terdahulu, hingga air suci untuk keperluan birat sengkala.

Adapun Panji-Panji Daerah tersebut dikembalikan oleh Camat, Danramil, Kapolsek dan Sekcam kepada Bupati, Dandim 0707, Kapolres, dan Ketua DPRD Wonosobo kepada Bupati Wonosobo setelah rampung dikirab diwilayahnya masing-masing.

Rombongan Bupati dan Forkopimda beserta isteri dikuti peserta kirab kemudian menuju Alun-Alun Wonosobo untuk mengikuti upacara.

Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat dalam sambutannya menyampaikan Wonosobo yang telah berdiri selama dua abad.

“HUT Wonosobo ke-198 dapat dijadikan bahan evaluasi apa yang telah dilakukan, membuat strategi, dan memikirkan pekerjaan perencanaan bangunan ke depan agar lebih baik dan tepat guna,” pungkas Bupati.

Di tempat yang sama Dandim Wonosobo Letkol Inf Helmy menyampaikan bahwa acara ini yang sungguh luar biasa. Dimana masyarakat dan pejabat berkumpul bersama mensyukuri bahwa saat ini Wonosobo sudah memasuki usia yang ke 198.

Acara dilanjutkan dengan memercikan air tujuh sumber ke empat penjuru mata angin yang dilakukan oleh Bupati Wonosobo, sebagai simbol perlindungan dan kemakmuran.

Setelah itu rangkaian acara biasanya dilanjutkan dengan dilakukan doa bersama dan makan bersama atau Kembul Bujana. Tiap-tiap OPD di Wonosobo membawa tenong yang berisikan aneka jenis makanan untuk dimakan bersama.

Tak hanya itu, usai acara Pisowanan Agung, masyarakat juga berebut gunungan yang berisikan aneka hasil bumi di Wonosobo. Mereka meyakini gunungan tersebut akan membawa berkah.

Disela-sela acara Kembul Bujana juga akan diiringi penampilan hiburan berupa tari-tarian. Selain itu untuk menghibur masyarakat, pada malam harinya akan digelar konser musik dengan penyanyi Dangdut Denny Caknan, Jihan Audy dan sejumlah artis ibukota lainnya dijadwalkan akan menggelar konser yang akan berlokasi di Alun-alun pada malam hari.***