LOMBOKTIMUR, metro 7.co.id – Musyawarah rencana pembangunan desa (Musrenbangdes ) di Desa Suradadi Kecamatan Terara berjalan lancar, Selasa (22/9/2020).

Hadir dalam kesempatan tersebut Camat Terara diwakili oleh Kasi PMD kecamatan, ada Pjs Kepala Desa bersama stap desa, Sekretaris Desa, Ketua BPD dan wakil Ketua BPD beserta anggotanya, LKMD/LPMD beserta anggotanya, Babinkamtibmas, Babinsa, ada pendamping desa, ada Karang Taruna, tokoh masyarakat, PKM Terara,  kader posyandu, kawil se Desa Suradadi serta unsur lainnya .

Sebelumnya sudah diawali dengan musyawarah khusus (Musdesus). Dan hari ini adalah kelanjutannya dengan melaksanakan musyawarah rencana pembangunan desa ( Musrenbangdes) tahun anggaran 2021.

“Hari ini kita melaksanakan  Musrenbangdes untuk rencana kerja pembangunan desa tahun 2021,” ujarnya PJs Kepala Desa Suradadi Kecamatan Terara, Yakim, S. Ap, Senin (21/9).

Terkait BLT DD, sebutnya akan ada perubahan sasaran kepada orang tua, jompo, sakit menahun, dan dalam musrenbangdes juga akan membangun Kantor Desa suradadi. Desa tua sampai sekarang belum bisa bangun Kantor Desa. Melalui musrenbangdes masih bisa di ganti, beberapa usulan  tersebut apa yang  menjadi skala prioritas melalui  Musyawarah desa,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Sekertaris Desa selaku tim penyusun RKPDes Lalu Syukri, menambahkan bahwa rwancangan yang akan jadi prioritas RKPdes tahun2021, ada beberapa bidang, di mana bisa untuk keberhasilan pembangunan yang ada di Desa Suradadi .

“Lima bidang itu diantaranya bidang pemerintahan Desa, Bidang Pembangunan, Bidang kesehatan,  Bidang kelembagaan sosial masyarakat dan bidang keamanan. yyang penting juga  untuk bidang penanganan penanggulangan bencana serta keadaan darurat dan mendesak butuh waktu yang cepat,” jelasnya.

Sebagai tambahan  untuk modal Bumdes ini sudah di berikan suntikan dana, dan itu juga bisa di berikan untuk ibu PKK untuk di kembangkan melalui unit unit Bumdes yang ada, sehingga pebdapatanya desa bisa meningkat dan tidak mengharapkan dana desa saja.meskipun desa juga membutuhkan dana desa .di samping itu juga Bumdes itu bisa mengggali potensi di desa ubtuk menambahkan unit di bumdes dan itu untuk peningkatan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat ,” imbuhnya.***