LOMBOKTIMUR, metro7.co.id – Pada pelantikan Karang Taruna dan Bumdes kemarin, Kepala Desa Montong Baan Selatan berharap para pemuda bisa memberikan kontribusi yang baik dan menumbuhkan jiwa sosial kepada masyarakat dan desa.

Harapannya selaku Pemerintah Desa bahwa Karang Taruna ini adalah wadah untuk berproses, dimana ini sebagai tempat belajar bagaimana memberikan yang terbaik bagi desa, masyarakat dan itu bisa menumbuhkan jiwa sosial yang tinggi .

“Karang Taruna ini bagaimana pemuda bisa berbuat terhadap pembangunan desa  dan menghasilkan SDM yang mempunyai jiwa sosial tinggi,” ucap Kepala Desa Montong Baan Selatan, Kecamatan Sikur Jumesah, Selasa (29/09/2020).

Untuk Bumdes lanjut Jumesah, pemuda ini sebagai wadah dan fasilitas untuk mengelola hasil potensi dan produk yang dihasilkan untuk di berdayakan di Bumdes. Dengan begitu hasilnya itu bisa mendatangkan PADes, dan itu juga aset untuk bisa mensejahterakan masyarakat dan bisa juga mengerjakan pembangunan – pembangunan disegala bidang. Ia mengakui, sekarang masih ada dana desa, tetapi bila dana desa ini tidak ada lagi, maka Bumdes jadi solusi untuk pembangunan dan aejahterakan masyarakat,” pungkas Jumesah.

Ia menambahkan, dengan adanya Bumdes ada tempat terutama para pengrajin yang bisa menghasilkan produk, seperti anyaman, hasil keahlian lain. Nanti melaui Bumdes dipasarkan dan untungnya juga bagus bagi masyarakat itu sendiri.

“Bumdes dimanfaatkan untuk memasarkan produk kerajinan masyarakat, dan hasilnya untuk peningkatan ekonomi masyarakat itu sendiri,” jelasnya.***