SELONG, metro7.co.id – Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Sakti Wahyu Trenggono, mengaku akan memfasilitasi aktifitas jual beli pakan untuk pembudidaya lobster di Lombok Timur.

Hal itu disampaikannya saat melakukan kunjungan ke Dermaga Telong-Telong, Desa Jerowari, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), Rabu (24/3/2021).

Untuk memfasilitasi aktifitas jual beli pakan para pembudidaya lobster di Lombok Timur, Sakti rencananya akan membangun sebuah gedung khusus untuk kegiatan tersebut dengan mekanisme transparansi harga bagi pemasok pakan atau masyarakat lokal.

Itu menurutnya tidak akan mengurangi keuntungan masyarakat. “Tapi jangan lupa, perhitungan keuntungan untuk pembeli. Karena itu dibutuhkan proses yang panjang agar sama-sama untung. Targetnya, gedung tersebut akan selesai dalam 6 bulan ke depan,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur, HM Juaini Taufik, menyampaikan, para pembudidaya lobster di kawasan Telong-Telong masih menghadapi beberapa kendala, seperti masalah olahan komoditas lobster yang perlu pengawasan khusus agar terkelola dengan baik, sehingga meningkatkan nilai jual.

“Hal ini terkait harga jual yang selama ini dinilai belum transparan. Sehingga, mengurangi keuntungan yang didapat pembudidaya,” pungkasnya.