LOMBOK TIMUR, metro7.co.id – Perhatian Pemerintah Desa (Pemdes) Bunut Baok Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah terkait dengan data sangat diutamakan, karena segala urusan itu awalnya masalah data.

“Memang dari dulu kita tekankan masalah data warga itu supaya tetap diperbaharui dan itu juga sangat utama untuk mengurus segala macam hal. Segala hal yang kita buat dan mengurus sesuatu itu harus berpatokan pada data terutama KK,” ucap Kepala Desa Bunut Baok Kecamatan Praya, Lalu Muzanni ketika ditemui di ruangannya, Rabu (14/10/2020).

Lanjut Muzanni, mulai dari para Kawil dimintanya untuk perhatian terkait data warga. Dengan adanya data, di masing – masing kewilayahan bisa memudahkan desa mendata warga dengan sangat mudah mengetahui jumlahnya yang ril. “Kemudahan bagi desa mengetahui jumlah warganya dan itu dari semua tingkatan usia, mulai dari balita sampai lansia,” jelasnya.

Masih katanya, dengan adanya data warga yang sudah valid itu acuan pemdes bisa memberikan manfaat kepada warganya dengan cepat dan tepat. Misalnya, ada bantuan cepat kita berikan kepada warga masyarakat yang sudah ada datanya. Tetapi sebaliknya, bila tidak ada itu yang menyebabkan bantuan itu sebenarnya mereka tidak dapat.

Begitu juga, sambung Muzanni data itu penting terutama kartu keluarga wajib dimiliki oleh setiap masyarakat, lebih-lebih bila mau melahirkan, karena KK itu juga dasar bisa diterbitkannya akta kelahiran anak, KTP dan sebagainya.

Ia menambahkan, memang untuk awalnya untuk pendataan awal dan mengumpulkan data yang valid butuh waktu dan proses yang panjang, tetapi secara tahap demi tahap insyaallah kesadaran masyarakat, sekaligus memberikan sosialisasi dan pemahaman pasti kesadaran masalah pentingnya yang namanya data untuk bisa mengurus segala macam hal.

“Segala yang kita urus, apapun jenisnya itu kuncinya data,” tutupnya.