FLORES, metro7.co.id – Bertujuan menjaga kestabilan serta meningkatkan kemampuan fisik prajurit, Kodim 1624 Flores Timur melaksanakan kegiatan Tes Kesegaran Jasmani (Garjas) periodik II.

Kegiatan tersebut berlangsung di Pulau Lembata yang juga adalah wilayah teritorial Kodim 1624 Flotim, tepatnya di lapangan Lapas Kelas III Lembata Kelurahan Lewoleba Utara, Kecamatan Nubatukan dan diikuti oleh 86 Prajurit, meliputi Perwira, Bintara dan Tamtama yang berasal dari Koramil 1624-03 Lewoleba, Koramil 1624-04 Omesuri dan Koramil 1624-07 Loang.

Dikinfirmasi media ini, Dandim 1624 Flores Timur Letkol (CZI) Imanda Setyawan S.T, M.I.P, mengatakan Garjas periodik merupakan salah satu dari sejumlah kewajiban yang harus dilaksanakan oleh TNI, pasalnya Garjas merupakan kebutuhan dan prioritas utama pagi para prajurit untuk mendukung pelaksanaan tugas dilapangan.

“Kemampuan kesamaptaan jasmani prajurit perlu diukur secara berkala melalui kegiatan Garjas ini. Dengan kondisi yang prima maka, prajurit Kodim 1624 Flotim akan mampu menjalakan tugasnya dengan baik di lapangan,” tutur Letkol Imanda.

Diterangkannya, pelaksanaan Garjas meliputi, tes kesegaran A berupa lari selama 12 menit dan tes kesegaran B berupa Pull Up, Sit Up, Longines, Push Up dengan durasi 1 menit, Shuttle Run dengan durasi kecepatan waktu. Selain itu dilakukan uji ketangkasan renang gaya dada dengan jarak 50 meter.

Tambah dia, pelaksanaan tes kesegaran jasmani kali ini berbeda dengan Garjas sebelumnya. Kegiatan berlangsung dengan menerapkan protokoler kesehatan Covid-19. Setiap anggota selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah kegiatan, jaga jarak dan menggunakan masker saat menunggu giliran. ***