KUPANG, metro7.co.id – Disela mengikuti kegiatan kunjungan lapangan yang dilaksanakan oleh Kemenmarves di Provinsi Kupang, Sumardjono diundang oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) pada acara makan malam di rumah dinas Pj. Gubernur NTT, Kamis (08/08/2024).

Acara jamuan makan makan malam ini diselenggarakan oleh Pj. Gubernur NTT Ayodhia G. L. Kalake, SH, MDC bersama Kasal Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla. yang didampingi oleh Ketua Umum Jalasenastri Ny. Fera Muhammad Ali dan rombongan yang terdiri dari Panglima Koarmada RI, Komandan Kodiklatal, Panglima Armada-2, Para Asisten, Para Kepala Dinas, Komandan Pangkalan Utama NTT serta Pejabat teras daerah, TNI dan Polri.

Pada kesempatan yang baik ini, Sumardjono menyampaikan kepada Kasal tentang semua kegiatannya di Kupang NTT selaku Ketum HNSI bersama Kemenkomarves Dalam rangka monitoring pengembangan kompetensi SDM bidang kemaritiman dan pelaksanaan kegiatan sektor kelautan dan perikanan dalam mendukung implementasi tata kelola
perikanan tangkap serta mendorong pertumbuhan koorporasi dan pemberdayaan nelayan.

Selain itu Sumardjono juga melaporkan kepada Kasal dan Pj. Gubernur NTT tentang hasil pertemuanya dengan beberapa nelayan yang banyak mengeluh mengenai kelangkaan BBM dan implemetasi peraturan daerah dan peraturan pusat yang pelaksanaannya masih dirasakan sulit bagi masyarakat nelayan.

Penjelasan Sumardjono, mendapat tanggapan yang serius dari Kasal dan Panglima Koarmada RI, Kasal mengatakan bahwa TNI AL mendukung Laksamana TNI (Purn) Sumardjono selaku Ketum HNSI dalam upaya membina masyarakat nelayan di Indonesia, karena dengan bermodal pengalaman yang telah diperolehnya selama puluhan tahun bertugas di laut pak Sumardjono sangat memahami persoalan yang dihadapi oleh para nelayan dan langkah langkah penyelesaiannya.

Sementara itu Panglima Koarmada RI Laksamana Madya TNI Dr. Denih Hendrata, S.E., M.M., CHRMP mengajak HNSI untuk berkolaborasi menggemakan “Gemar Makan Ikan” di Tegal dan Semarang, ini merupakan program atau even nasional oleh karena itu mari kita duduk bersama antara HNSI dan TNI AL untuk menyusun program kegiatan ini, ujar Panglima Koarmada RI.

Sumardjono yang merupakan mantan Kasal ke-22 menyambut tawaran Panglima Koarmada RI tsb dengan senang hati karena beliau sadar bahwa dengan adanya kerjasama antara HNSI dengan semua pihak khususnya dengan pemerintah, HNSI akan mampu mewujudkan Visi Misinya dalam upaya meningkatkan kwalitas SDM Indonesia khususnya para nelayan Indonesia.

“Mari kita Bangkit, Semangat untuk Maju guna mencapai Kejayaan kita sebagai Negara Bahari,” ujar Sumardjono. ***