MALAKA, metro7.co.id –  Sebanyak 65 keluarga penerima mamfaat yang di dominasi oleh janda dan difabel desa Wekmurak menerima bantuan langsung tunai dana desa bulan maret sampai dengan mei tahap satu tahun anggaran 2021 dari pemerintah desa Wekmurak kecamatan Rinhat kabupaten Malaka, Sabtu 14 / 08 / 2021

 

bertempat di aula kantor desa Wekmurak 65 keluarga penerima mamfaat bantuan langsung tunai menerima haknya selama tiga bulan, sekaligus mendapatkan vitamin tahan tubuh dengan menerapkan protokol kesehatan covid-19. bantuan langsung tunai ini langsung di serahkan secara simbolis oleh kepala desa dan babinsa desa Wekmurak.

 

menurut kepala desa Wekmurak Damianus Ramu usai menyalurkan bantuan langsung tunai bulan maret, april dan mei mengatakan bahwa, di tahun anggaran 2021 melalui musyawarah desa kita bersama badan permusyawaratan desa menetapkan 65 keluarga penerima mamfaat bantuan langsung tunai yang dimana pada tahun anggaran 2020 kita alokasikan dana desa untuk bantuan langsung tunai bagi 57 keluarga penerima mamfaat dan pada tahun ini ada penambahan keluarga penerima mamfaat sebanyak delapan kepala keluarga sehingga jumlah penerima bertambah menjadi 65 keluarga penerima mamfaat.

 

” ada 65 keluarga penerima mamfaat yang hari ini terima bantuan langsung tunai tiga bulan dari bulan maret sampai dengan mei dengan nominal yang diterima Rp,900.000 per kepala keluaraga sehingga jumlah dana tiga bulan yang di terima hari ini sebanyak Rp, 58.500.000″, tandas Damianus.

 

untuk total dana yang di alokasikan kepada 65 keluarga penerima mamfaat bantuan langsung tunai dari dana desa Wekmurak tahun 2021 sebesar Rp, 234.500.000, dari pagu dana desa Rp, 725.000.000.

 

Damianus lebih lanjut menjelaskan bahwa selain bantuan langsung tunai kepada 65 keluarga penerima mamfaat di desa Wekmurak juga terdapat alokasi dana desa untuk anggaran covid-19 sebesar delapan persen yang pemamfaatannya untuk pembelanjaan alat-alat pelindung diri covid-19 dan pembuatan posko covid-19 serta transportasi petugas posko covid-19, ujarnya.

 

” Kegiatan Fisik berupa pembangunan 3 unit rumah dan 5 unit toilet sehat dengan alokasi dana desa sebesar Rp, 258.000.000 dengan rincian 180 juta untuk 3 unit rumah dan 78 juta untuk 5 unit toilet sehat”, pungkas damianus

 

Ia menambahkan bahwa selain alokasi dana desa untuk kegiatan fisik juga kita alokasikan  untuk kegiatan pemberdayaan  masyarakat yakni pemberdayaan  kelompok tenun ikat.

 

Damianus mengharapkan  agar bantuan langsung tunai yang hari ini di terima oleh 65 keluarga penerima mamfaat di desanya dapat menggunakan sesuai peruntukannya bukan untuk miras atau perjudian.

 

ia juga menghimbau kepada masyarakatnya agar selalu taat protokol covid-19 dengan menggunakan masker jika ingin pergi keluar rumah dan khususnya untuk keluarga penerima mamfaat bantuan langsung tunai dana desa wajib vaksin. karna untuk penyaluran tahap kedua bantuan langsung tunai tahun 2021,  keluarga penerima mamfaat wajib menunjukan kartu vaksin, imbuhnya.****