MALAKA, metro7.co.id – Warga Desa Leunklot, Kecamatan Weliman, Kabupaten Malaka, mendatangi kantor DPRD Kabupaten setempat, Senin (15/3/2021). Tujuannya, menyampaikan aspirasi terkait pelayanan kepala desa.

Di DPRD Kabupaten Malaka, warga Desa Leunklot bertemu dengan Komisi I yang membidangi soal itu. Warga Leunklot didominasi ketua-ketua suku dan para tetua adat dengan balutan kain adat dan selendang motif khas Malaka.

“Selama ini semua urusan pelayanan administrasi dilakukan di rumah penjabat kepala desa yang tinggalnya di desa lain,” kata Vinsensius Seran selaku koordinator tim aspirasi masyarakat Desa Leunklot.

Menurut Vinsensius, sejak Pilkada Malaka 2020 lalu, Penjabat Kepala Desa Leunklot tidak pernah masuk kantor desa untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Selain menjabat sebagai kepala desa, Ia (Penjabat Kepala Desa Leunklot) adalah bendahara keuangan di Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Malaka,” terang Vinsensius lagi.

Menurut Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Malaka, Melkhi Hendrik Simu, pengadian yang disampaikan masyarakat Desa Leunklot akan ditintaklanjuti lewat koordinasi pihaknya dengan instansi teknis, yakni Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, untuk memanggil penjabat Kepala Desa Leunklot untuk memberikan klarifikasi atas pengaduan masyarakat tersebut.

“Kita diskusikan bersama lewat klarifikasinya. Apabila benar, maka akan kita minta Sekda dan PMD untuk mencari atau melihat orang yang berdomisili di Desa Leunklot untuk menggantikan,” ujarnya.[]