MANGGARAI BARAT, metro7.co.id – Tambah empat kasus baru positif covid-19 di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur klaster transmisi lokal berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium virologi Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Surabaya, Senin (26/10/2020).

Kepala Dinas Kesehatan, Paulus Mami, SKM melalui Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat, Yohanes Johan, A.Md,Kep merincikan,
keempat pasien tersebut, AA (19) laki-laki alamat Kampumg Air, Kelurahan Labuan Bajo, AD (26) laki-laki alamat Hotel Ayana, Kelurahan Labuan Bajo, YLD alamat Labuan Bajo dan LD (25) perempuan alamat Desa Watu Umpu, Kecamatan Welak.

Keempat pasien positif baru tersebut, kata Yohanes, kini diisolasi mandiri di rumah mereka masing-masing.

Yohanes menambahkan, Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat belum lama ini mengirimkan 44 spesimen ke laboratorium Virologi Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian penyakit (BBTKLPP) Surabaya. Dari 44 spesimen yang dikirim ke Surabaya, semuanya sudah ada hasil, dan 4 orang positif baru.

“Jumlah pasien Covid-19 hari ini di Mabar, positif baru 4 orang ,total sampel yang di kirim ke laboratorium virologi Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Surabaya berjumlah 44 sampel spesimen dan semuanya sdh ada hasil, dan 4 org positif baru,” terang Yohanes saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (27/10/2020).

Dia menyebutkan, dengan penambahan empat kasus baru tersebut, total kasus positif covid-19 di Kabupaten Mabar sampai saat ini sebanyak 70 orang. 66 orang sudah sembuh.
4 orang sedang dalam pengawasan dan isolasi mandiri di rumah.

“Kami terus bekerja melakukan skrining dan tracing untuk mencegah penyebaran covid-19 yang lebih luas di Manggarai Barat. Masyarakat diharapkan untuk tetap mentaati protokol kesehatan”, pintanya. *