BANGKA BELITUNG, metro7.co.id — Berupaya memberikan pelayanan kesehatan gratis untuk masyarakat, DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Bangka Belitung menggiatkan bakti sosial berupa pengobatan dan cek kesehatan untuk warga Dusun Tuing, Desa Mapur, Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka.

Kegiatan yang diadakan, Rabu (9/10) pagi itu dihadiri warga setempat yang turut melakukan pengobatan dan cek kesehatan dengan tenaga medis yang telah disediakan oleh PSI.

Ketua DPW PSI Bangka Belitung, Arbi Leo saat ditemui menjelaskan, tujuan diadakan kegiatan ini untuk memberikan layanan bagi warga desa yang jauh dari akses atau fasilitas kesehatan.

Owner BN Zoo itu mengatakan, warga setempat menyambut baik dengan diadakannya kegiatan ini karena merasa sangat terbantu.

“Tujuannya memang untuk berikan pengobatan gratis karena di dusun ini cukup jauh untuk bisa berobat ke berbagai fasilitas kesehatan. Karena itu DPW PSI Babel langsung hadir di tempat ini untuk memberikan pelayanan buat masyarakat,” ujar Arbi.

Ia menegaskan, PSI berkomitmen kuat melayani kebutuhan masyarakat Bangka Belitung, khususnya di sektor kesehatan.

Karena itu selain di Dusun Tuing, DPW PSI juga, kata Arbi, bakal mengadakan kegiatan serupa di desa-desa lainnya secara kontinyu selama lima tahun ke depan.

“Program ini akan berkelanjutan karena seperti kita tahu di Babel ini ada 400- an desa, ya, dan semoga kita bisa menjangkau semuanya karena setelah ini kita juga akan ke dusun Mapur,” paparnya.

Ketua RT 04, Dusun Tuing, Willy, turut ucapkan terima kasih kepada Arbi Leo dan rekan-rekan PSI yang telah menggiatkan pengobatan dan cek kesehatan gratis untuk warganya.

Kegiatan ini, ungkap Willy, sangat membantu warga setempat yang terkendala jarak untuk mendapatkan layanan kesehatan.

Baksos hari ini pun, lanjut Willy, dihadiri puluhan warga yang datang dengan sendirinya.

“Saya mewakili masyarakat Dusun Tuing sangat berterima kasih lah dengan PSI karena adanya perhatian untuk masyarakat kami yang jauh dari jangkauan ini,” ucap Willy.

Ia harap kegiatan baksos PSI ini tetap berlanjut ke depannya, karena sangat membantu warga yang membutuhkan layanan kesehatan.

Sementara itu, Novi, warga setempat yang ikut hadir dalam kegiatan mengungkapkan senang sekali dengan adanya baksos ini.

Novi yang merupakan ibu rumah tangga (IRT) itu datang untuk mengecek kesehatannya.

“Senang sekali karena bisa cek kayak asam urat, kolesterol, karena kan di sini kadang Posyandu lansia keliling alatnya enggak lengkap. Kalau di sini kan lengkap, obat-obatnya juga ada, pak,” ungkap Novi merasa puas.