SUNGAI PENUH, metro7.co.id – Prestasi Pemerintahan Kota Sungai Penuh melalui kepemimpinan Walikota Sungai Penuh Ahmadi Zubir semakin maju.

Faktanya, yakni salah satunya ialah berhasil membangun jalan cor, membangun akhlak dan Sumber Daya Manusia (SDM), bidang agama, rumah rumah tahfiz di setiap desa serta juara 4 MTQ tingkat Propinsi Jambi.

Kemudian, program satu rumah satu sarjana, juara 2 tingkat nasional penurunan stunting, juara 4 Kota layak anak tingkat nasional dan sederetan prestasi lainnya.

Sebenarnya prestasi rata rata diatas standar. Kemudian, pemerintahan Ahmadi Zubir tahun ini akan membangun pasar rakyat Beringin Jaya yang lokasinya di eks Minum Kawo Square (MKS) hingga pasar beringin jaya yang lokasinya di sebelah MKS.

Pembangunan pasar rakyat Beringin Jaya akan menempati lahan milik Pemkot seluas kurang lebih ukuran 30 X 70 meter persegi.

Pembangunan di rencanakan 3 tingkat, yaitu tingkat 1 atau tingkat dasar akan dipergunakan untuk parkir, tingkat 2 akan diisi pedagang kering seperti baju, menjahit, pernak pernik dan lainnya.

Tingkat 2 ini direncanakan akan dibangun lapak sekitar 272 lapak, sedang tingkat 3 akan diisi kuliner dan akan disediakan sekitar 72 lapak.

Pembangunan dipastikan akan dimulai tahun 2024 ini, dan akan menggunakan dana DAK Kementerian PUPR-RI yang mana anggaran mencapai sekitar Rp50 miliar. Saat ini prosesnya sedang berjalan.

Proses pembangunan pasar rakyat Beringin Jaya ini dinilai lebih cepat dari perkiraan sebelumnya. Yang mana rencananya proses pembangunan pasar ini akan dimulai bulan Juli 2024, tapi proses sudah berjalan di bulan Mei kemaren.

Safrijal, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kota Sungai Penuh saat diwawancarai awak media, Rabu (7/8) mengatakan, proses sudah dimulai sejak tanggal 30 Mei kemarin.

“Pembuatan Rencana Anggaran Biaya (RAB) sudah dimulai dari bulan Mei kemaren tepatnya tanggal 30 Mei 2024. Prosesnya kami Perindag membuat RAB lalu dipresentasikan, sudah pas atau belum kalau belum kita perbaiki lagi,” bebernya.

Proses presentasi dilakukan sampai 3 kali, jelasnya, yaitu proses ke 1 mengajukan presentasi RAB untuk di koreksi, proses ke 2 di bulan Juni kemaren, RAB masih ada kekurangan supaya di sempurnakan, proses ke 3 bulan di akhir bulan Juli sudah selesai diperbaiki, tinggal menunggu persetujuan.

“Lalu proses selanjutnya proses tender, diperkirakan bulan September atau Oktober yang akan datang, proses terakhir proses pelaksanaan pekerjaan yang di perkirakan bulan Oktober atau November besok. Yang jelas akhir tahun ini pekerjaan pembangunan pasar rakyat Beringin Jaya multi year dipastikan akan dilaksanakan akhir tahun ini,” tutupnya.