LABUHANBATU SELATAN, metro7.co.id – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD-red), Labuhanbatu Selatan kini telah menggelar deklarasi kampanye damai usai pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon (paslon) peserta Pilkada 2024.

Deklarasi Kampanye Damai, diikuti ketiga pasangan calon Bupati -Wakil Bupati, Nomor Urut 1. Fery Syahputra Simatupang-Syahdian Purba Siboro,  Nomor Urut 2. Muhammad Gandhi Siregar – Naga Parlaungan Lubis serta Nomor Urut 3. Ari Wibowo – Anwar Hazali Tanjung, sekitar pukul 07 s/d selesai  di lapangan Santun Berkata Bijak Berkarya Kotapinang (SBBBK).Selasa, (24/09/2024).

Dalam kegiatan acara turut hadir yakni, bupati Labusel Edimin, wakil bupati Labusel, Kapolres Labusel AKBP Maringan Simanjuntak, Kasi Intel Kejari Labusel, Sahbana P. Surbakti, Plh Sekretaris Daerah H. Fuadi, Ketua Bawaslu Labusel, Efendi Pasaribu, Pengurus Parpol Pengusung dan undangan lainnya.

Plt Ketua KPUD Labusel, Adnan Rasyid didampingi Anggota Komisioner Rido Hamdani Lubis, Antoni Ritonga, Eben Ezer Lumbantoruan menuturkan, deklarasi kampanye damai  bertujuan agar para pasangan calon berkomitmen untuk menciptakan suasana demokrasi yang santun, adil dan bermartabat bukan hanya sekedar kegiatan seremonial semata nantinya.

“Kita sudah melakukan deklarasi damai, termasuk deklarasi kampanye damai yang anti hoax, anti fitnah, dan anti kekerasan. Jadi deklarasi ini, untuk memberikan kepastian bahwa ketiga  paslon akan mematuhi aturan-aturan tentang kampanye, dan etika-etika berkampanye,” ujar Adnan.

Ia juga menyampaikan, untuk mengajak seluruh elemen masyarakat, terutama para peserta kampanye, untuk bersama-sama menjaga suasana yang kondusif. Selain itu juga menghormati satu sama lain, dan menolak segala bentuk provokasi, fitnah, maupun ujaran kebencian.

“Ayo, kita jadikan deklarasi damai sebagai langkah awal menuju pemilihan bupati dan wakil bupati Labusel tahun 2024 yang bersih, adil, dan damai untuk mewujudkan demokrasi yang bermartabat,” tandasnya.

Adapun deklarasi tersebut, berisi beberapa poin penting diantaranya, bupati dan wakil bupati, partai politik pengusul, beserta tim kampanye, dan para pendukung, berjanji:

Untuk mewujudkan Pilkada Serentak Labusel 2024 yang Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur, dan Adil (Luberjurdil). Kemudian  melaksanakan kampanye pemilihan yang aman, tertib dan damai, berintegritas.

Serta tanpa hoax, tanpa politisasi SARA, dan tanpa politik uang sekaligus dapat terlaksana kampanye pemilihan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Usai deklarasi kampanye damai, KPUD Labusel bersama ketiga paslon bupati dan wakil bupati tahun 2024 menandatangani berita acara.

Selanjutnya, bersama forkopimda dan Bawaslu melepas burung merpati, dan balon ke udara sebagai tanda dimulainya masa kampanye serta menggelar lucky draw berhadiah menarik bagi peserta senam sehat.