TEGAL, metro7.co.id – Komitmen menjaga, melindungi dan melestarikan lingkungan hidup harus terus dijaga dan ditingkatkan demi terciptanya kesejahteraan.

Guna menunjang keberhasilan itu, Pj Bupati Tegal Agustyarsyah gelar acara Sosialisasi Green Leadership dan Paparan Penyusunan Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup (DIKPLHD) Kabupaten Tegal Tahun 2024.

Acara yang digelar di Ruang Rapat Bupati, Selasa (14/5). Pj Bupati Tegal menuturkan, Green Leadership merupakan kepemimpinan yang berfokus pada kelestarian lingkungan hidup.

Dikatakanya, Green Leadership itu harus memiliki komitmen dan tekad yang kuat untuk melindungi lingkungan hidup.

Agustyarsyah mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu langkah yang dilakukan Pemkab Tegal untuk memberikan pemahaman bersama tentang upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

“Untuk melihat seberapa besar dan efektif kinerja perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup ini maka diperlukan DIKPLHD ini yang disusun setiap tahunnya,” kata Agustyarsyah.

Dirinya juga berpesan agar penyusunan DIKPLHD dilakukan secara terpadu dan terkoordinasi serta wajib dipublikasikan ke masyarakat dan menjadi penting sebagai sarana penyediaan data dan informasi lingkungan hidup agar menjadi acuan kebijakan dan perencanaan pemerintah.

“Dokumen ini sebagai bentuk wujud akuntabilitas pemerintah daerah di hadapan publik,” sambungnya.

Di sisi lain, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tegal Muchtar Mawardi menyampaikan bahwa kegiatan penyusunan DIKPLHD bukanlah dokumen untuk menunjukkan kinerja DLH, melainkan Kinerja Kepala Daerah di Bidang Lingkungan Hidup yang implementasi teknisnya melekat pada OPD masing-masing secara lintas sektor karena urusan Lingkungan Hidup adalah urusan multi-dimensi.

“Dalam hal tersebut, dibutuhkan komitmen semua OPD untuk menyampaikan data dan informasi yang dibutuhkan,” jelas Muchtar.

Melalui kegiatan ini juga dimaksudkan untuk membangun pemahaman dan komitmen bersama dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, memberikan pemahaman tentang pentingnya Green Leadership dalam upaya mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan.

Selain itu juga untuk menggali data dan informasi berkenaan dengan kebijakan, program dan kegiatan lintas OPD, merumuskan isu-isu prioritas lingkungan hidup dan mendapatkan bahan penyusunan DIKPLHD Kabupaten Tegal Tahun 2024.