LABUHANBATU, metro7.co.id – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar kini telah melepas 355 jamaah calon Haji tergabung kelompok terbang (kloter) 13 embarkasi di kotamadya Medan menuju tanah suci Mekah di Asrama Haji Medan, jalan A.H. Nasution Medan, Minggu (26/05/2024).

Dari 355 jumlah jamaah calon haji kloter 13 Embarkasi Medan, 318 orang merupakan jamaah asal Kabupaten Labuhanbatu, 29 orang dari kota Medan, dan 8 orang petugas haji.

Plt. Bupati Ellya Rosa Siregar dalam sambutannya mendoakan para jamaah calon haji yang tergabung dalam kloter 13 semoga dalam keadaan sehat sampai ke tujuan.

“Mudah-mudahan sesampai di tanah suci, jamaah dapat menjalankan ibadah haji dengan lancar. Kami berharap doa agar memimpin Kabupaten Labuhan Batu ini dengan baik,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Utara H. Ahmad Qosbi Nasution dalam arahannya berpesan kepada jamaah memasang niat bahwa pelaksanaan haji tahun ini adalah haji terakhir.

Setelah selesai melaksanakan ibadah haji tahun ini, ungkap dia, maka seseorang yang telah berhaji baru boleh mendaftar 10 tahun ke depan dengan daftar tunggu sudah 35 tahun.

Kepada para jamaah calon haji dihimbau untuk mengurangi aktivitas yang kurang bermanfaat, seperti mengobrol, merokok dan jangan banyak main-main.

“Untuk itu, manfaatkan sebaik-baiknya masa 40 hari di tanah suci dengan memperbanyak ibadah,” ujar Ahmad.

Kakanwil Kemenag Sumut juga mengingatkan kepada para jamaah, agar para tamu Allah diminta jangan serakah, selama fase puncak haji di Arafah dan Mina.

Pelepasan jamaah calon haji juga dihadiri Sekretaris Daerah Ir. Hasan Heri Rambe, Kakankemenag Labuhanbatu Dr. H. Asbin Pasaribu, Forkopimda, Asisten Setdakab, Sejumlah Pimpinan OPD, dan tamu undangan lainnya. ***