TEMANGGUNG, metro7.co.id – Kepolisian Resort (Polres) Temanggung, menyediakan atau memberikan pengawalan pribadi (walpri) bagi seluruh pasangan calon bupati dan wakil bupati yang akan ikut berkontestasi dalam Pilkada tahun 2024. Hal itu untuk memberikan pengamanan bagi para politikus yang akan bertarung menuju Temanggung 1 dan Temanggung 2.

Kapolres Temanggung AKBP Ary Sudrajat mengatakan, pengawalan yang dilakukan bersifat melekat, terhitung mulai tanggal 23 September hingga akhir pelaksanaan hajat demokrasi di tingkat kabupaten ini. Para pengawal pribadi ini akan mengikuti segala kegiatan para paslon, mulai di rumah hingga saat melakukan kegiatan di luar rumah.

“Kita berikan kepada masing-masing paslon yang ada untuk memastikan, bahwa kegiatan ini dapat berjalan dengan aman dan lancar. Walpri ada sebanyak 72 orang sudah dididik dan dilatih di Brimob. Kurang lebih dua minggu mereka kembali mengasah kemampuan dalam rangka pengamanan VVIP,” ujarnya di Pendopo Pengayoman, (23/9/2024).

Perwira dengan dua melati di pundaknya ini menegaskan, bahwa para walpri bertugas memberikan keamanan, serta kelancaran setiap kegiatan paslon selama masa kampanye. Jadi setiap kegiatan paslon dipastikan ada pengawalan, bahkan pengawalan melekat selama 24 jam.

“Masing-masing paslon akan dikawal masing-masing enam orang, baik untuk calon bupati, maupun calon wakil bupati dalam kegiatan setiap harinya. Jadi terhitung mulai hari ini mereka sudah memikirkan setiap kegiatan bapak dan ibu. Silahkan berkoordinasi pada setiap kegiatan lapangan, karena ini penting untuk keselamatan bapak dan ibu. Mereka mempunyai peranan menjaga keselamatan, terjadi sesuatu hal yang kita tidak inginkan, maka mereka yang saya periksa, tanggung jawabnya melekat untuk keselamatan bapak ibu beserta keluarga,” katanya