WONOSOBO, metro7.co.id – Ratusan warga mengiringi arak-arakan mustaka masjid yang akan dipasang di Masjid Al Barokah di Dusun Depok Desa Wulungsari Kecamatan Selomerto Kabupaten Wonosobo, Jumat (18/10/2024).

Arak-rakan mustaka masjid dimulai dari Masjid digotong menuju ke jalan dusun diikuti warga, mulai bapak-bapak, remaja, hingga ibu-ibu sambil membaca shalawat.

Arak-rakan sepanjang seratus meter diramaikan dengan bershalawat, dan Warga lainnya juga banyak yang menyambut di sepanjang perjalanan mustaka masjid yang diarak.

Sebelum mustaka dipasang di masjid, malamnya diadakan acara mujahaddah kemudian pada pagi harinya berkumpul dipelataran masjid untuk memanjatkan doa, kemudian dengan perlahan-lahan, mustika kubah dari bawah diangkat oleh beberapa warga menuju puncak atap masjid. Prosesi pemasangan mustaka masjid diakhiri dengan makan bersama yang telah disediakan.

Ketua Panitia Pembangunan Masjid Al Barokah, yang diwakili oleh perangkat desa Ali Mustofa mengatakan, prosesi pemasangan mustaka masjid memakan waktu sekitar 3 hari dengan tenaga teknis dari kendal jadi harus dilakukan semeriah mungkin, karena merupakan peristiwa langka. Masjid yang dibangun kondisinya dari mulai tanah kosong, harus dibangun lebih bagus dan nyaman untuk beribadah.

“Ini moment yang luar biasa, makanya kami mengadakan semeriah mungkin,” ujarnya.

Pembangunan masjid berukuran sedang itu berkat gotong-royong masyarakat setempat dan sumbangan para Warga, donatur dari berbagai kalangan. Termasuk juga dari Kyai, Bupati, dan Tokoh masyarakat Desa Wulungsai.

Edi Sutrisno, Ketua RT 03 mengatakan, arak-rakan prosesi pemasangan mustaka masjid merupakan simbol dari syiar Islam, kebersamaan dan gotong-royong sesama warga. Harapannya agar bisa membawa warga sekitar untuk memakmurkan masjid.

“Pemasangan mustaka ini sebagai simbol syiar Islam, semoga menjadi kemakmuran warga sekitar masjid dan menjadi manfaat bagi seluruh masyarakat,” harapnya.

Agus Martono, Mantan Kepala Desa Wulungsari merasa bangga bisa dilibatkan dan menghadiri prosesi pemasangan mustaka masjid. Ia berharap, masjid yang lokasinya didalam pemukiman warga, bisa difungsikan sebaik mungkin, baik sebagai fungsi ibadah maupun fungsi sosial, terutama bagi masyarakat sekitar masjid.

“Saya mengucapkan terimakasih ikut dilibatkan menyaksikan pemasangan masjid ini, semoga pembangunan masjid cepat selesai dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, baik untuk ibadah maupun fungsi sosial,” katanya. ***