PADANGSIDEMPUAN, metro7.co.id -Menuju pemilu 2024 mendatang, segenap pengurus dan para kader PDI Perjuangan Padangsidempuan mengadakan Acara “Mangalap Tahi” (Musyawarah Menyatuakaan persepsi dan doa restu) dari punguan (Satuan Marga) yang ada di Kota Padangsidempuan di Gedung Harapan Bunda Sihoring Horing Padangsidempuan, Minggu Siang, 27/8/2023.

Acara berlangsung hikmat dan meriah bernuansa Adat Batak Dalihan Natolu yang dihadiri seribuan massa dari berbagai punguan (Kumpulan) marga yang ada di Padangsidempuan menyambut Rapidin Simbolon (Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Sumatera Utara) dan semua pengurus PDI Perjuangan Padangsidempuan.

Ketua DPC PDI Perjuangan Padangsidempuan, Taty Ariyani Tambunan dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini dihadiri dari 5 kumpulan marga yakni Punguan Marga Naiambaton (PARNA), Parsadaan Toga Siregar (Patogar), Parsadaan Toga Sinaga, Parsadaan Somba Debata, dan Parsadaan Silalahi Sabungan.

“Kepada Punguan (Kumpulan Marga Lainnya yang belum bergabung dengan kita pada hari ini, Kami mohon Maaf, bukannya kita lupakan, namun karena situasi dan tempat, kita sengaja buat dia sesi, untuk hari ini 5 kumpulan Marga, sesi berikutnya nanti kita akan agendakan untuk kumpulan Marga lainnya,” ucap Taty.

Rapidin Simbolon selaku Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut yang juga akan ikut kontestan perhelatan Calon Anggota DPR RI dapil Sumut 2 pada 2024 mendatang mengatakan dihadapan ribuan masyarakat Anggota Kumpulan Marga yang hadir mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai salah upaya untuk menghadapi pemilu mendatang. “Selaku orang Batak saya tentunya harus “Mangalap Tahi” (Jemput kesepakatan/Minta Doa Restu) kepada seluruh saudara dan keluarga melalui Punguan Marga khusunya yang ada di Padangsidempuan ini,” katanya.

Karena Kekuatan untuk menang adalah ketika menyatu dengan masyarakat, tadi pagi sudah melakukan jalan sehat dan konsolidasi mulai DPC, PAC, Ranting hingga Anak Ranting PDI Perjuangan Padangsidempuan untuk menggalakkan mesin partai dan untuk memenangkan PDI Perjuangan dan Ganjar Pranowo di Padangsidempuan.

Kemudian dengan kemurahan hati dan hubungan yang baik dengan Marga Marga di Padangsidempuan ini, untuk tahap pertama merangkul dan konsolidasikan kekuatan Marga Parna, Marga Sinaga, Marga Siregar, Somba Debata, dan Marga Silalahi Sabungan. “Tadi kita lihat ribuan lebih, kita sudah sapa mereka, kita berbaur dengan mereka.Inilah yang disebut akar rumput,” katanya.

Lanjutnya lagi, untuk Marga yang lainnya akan agendakan Mangalap Tahi seperti halnya saat ini.

Saat ditanya mengenai antusias kehadiran semua msyarakat, Rapidin mengaku sangat mengapresiasi sambil menyandung Ketua DPC yang mampu merangkul dan konsolidasikan kepada seluruh Marga Marga, untuk memenangkan PDI Perjuangan dan Ganjar Pranowo serta semua caleg di tingkat kabupaten/kota, Provinsi maupun Pusat pada Pemilu 2024. “Karena harapan target kita di Padangsidempuan dapat 30 persen,” ucapnya.

Acara Mangalap Tahi dirangakai dengan tradisi adat Budaya Batak, kelima Punguan Marga telah memberikan doa restu kepada Rapidin Simbolon didampingi sang Istri yang juga sebagai Ketua DPRD danbKetua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Samosir.

Mereka sepakat Pados Tahi atau memberi Doa Restu dengan bergantian Mangulosi serta Mangupa Upa Rapidin dan istri sebagai tanda keseriusan dalam memberikan doa restu. ***