MUARADUA. metro7.co.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (Okus), H M Rahmattullah memimpin langsung Rapat Persiapan HUT Ke 79 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023, Senin (8/7).

Dalam sambutannya, ia menyampaikan, Kemerdekaan RI adalah sebuah perjalanan yang panjang. Diharapkan demi melanjutkan perjuangan pahlawan, mari sambut HUT RI ke-79 dengan gembira dan penuh semangat.

Dengan melaksanakan kegiatan itu, ia berharap akan menjadi modal dasar dalam mentauladani Jasa Pahlawan.

“Selain itu, kegiatan ini juga dapat menjadi ajang mempererat silahturahmi antar lapisan masyarakat di Lingkungan Kabupaten OKU Selatan agar semakin kompak,” harapnya.

Menurut Sekda, untuk menyambut HUT itu, harus disiapkan dengan jauh lebih baik lagi dari sebelumnya, baik administrasi, teknis sarana dan prasarana yang menunjang kelancaran pelaksanaan.

“Diantaranya seperti logo, baleho, spanduk, dan rangkaian kegiatan untuk menyemarakkan HUT RI ini harus kita ramaikan,” jelasnya.

Sementara, Kepala Bagian Tapem Setda OKU Selatan, Devianto Saputro mengatakan, materi sekaligus memaparkan persiapan rangkaian HUT Kemerdekaan RI Tahun 2024 ke-79.

Dasar kegiatan ini mengacu pada Undang-undang Dasar 1945 dan Surat Mensesneg Nomor, B-04/M/S/TU.00.03/072024 Tanggal 2Juli 2024 tentang Penyampaian Tema, Logo, dan Partisipasi Menyemarakan Peringatan HUT ke 79 Kemerdekaan RI Tahun 2024.

Adapun tema kegiatan peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI Tahun 2024 ‘Nusantara Baru Indonesia Maju’.

“Beberapa tugas seperti penanggung jawab kegiatan kepada OPD dan instansi vertikal yang hadir serta saling bertukar pendapat dengan peserta yang hadir terkait dengan agenda yang sedang disusun,” jelasnya.

Adapun rangkaian Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI Tahun 2024 di Kabupaten OKU Selatan dimulai pada tanggal 1 Agustus sampai dengan 24 Agustus.

Sedangkan, rencana rangkaian kegiatan di antaranya, pembagian bendera merah putih, lomba gapura desa dan kecamatan, lomba kebersihan kantor OPD, launching KB gratis, pengobatan gratis di Kecamatan Simpang, pelayanan KB gratis, pengobatan gratis di seluruh Puskesmas OKU Selatan, perlombaan antar OPD, jalan sehat dan senam sehat serta masih banyak kegiatan lainnya.

“Diimbau kepada masyarakat Kabupaten OKU Selatan dalam menyemarakkan HUT RI ke-79, agar memasang bendera merah putih dan lampu penjor mulai tanggal 1 hingga 30 Agustus,” tutupnya.