SAROLANGUN, metro7.co.id – Pemerintah Kabupaten Sarolangun pada bulan Agustus tahun 2024 akan membuka seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Pj Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sarolangun, Ir Dedy Hendry mengungkapkan, rekrutmen atau seleksi CPNS akan segera dibuka Pemerintah Sarolangun pada bulan Agustus ini.

“Jadwal sudah ada dari Menpan-RB untuk seleksi CPNS, akan tetapi kami masih menunggu instruksi selanjutnya dari pihak Kementerian,” ucapnya, Rabu (14/8).

Dedy Hendry menjelaskan, seleksi CPNS tahun 2024 terdapat beberapa formasi, diantaranya formasi kesehatan 55 dan formasi teknis 188, total ada 243 formasi.

“Tahapan seleksi menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Oleh karena itu, calon pelamar diharapkan mempersiapkan diri dengan baik dan mempelajari soal-soal yang berkaitan dengan seleksi CPNS,” ungkapnya.

“Untuk perihal tanggal pelaksanan, kami belum bisa pastikan, karena masih dalam pembahasan kembali, kemungkinan bulan Agustus ini, antara Minggu ke-3 atau ke-4,” tambahnya.

Ia pun mengingatkan, semua peserta agar disiplin dan mengikuti seleksi secara sehat, sebab seleksi nanti tidak ada jalan pintas dan instan, tetap semua harus mengikuti aturan dan mekanisme yang ada.

“Adapun persyaratan untuk mengikuti seleksi CPNS, tidak jauh berbeda dengan persyaratan PPPK, lebih rincinya nanti tunggu diumumkan Kementerian menpan-RB, nanti kami umumkan juga,” tuturnya.

“Saat ini sudah di era digital. Tentu proses pelaksanaan seleksi dilaksanakan secara digital dan transparasi, serta hasilnya nanti akan terpampang secara online saat pelaksanaan tersebut,” lanjutnya.

Sementara, Linda Novita Herawati, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sarolangun menyampaikan, pihaknya saat ini sudah mendapatkan persetujuan dari Menpan-RB.

“Kami Pemerintah Sarolangun untuk semua administrasi yang diminta Kementerian terkait sudah kami penuhi, dan mengajukan formasi yang kami butuhkan sudah diajukan Kementerian terkait, dan sudah disetujui oleh Menpan-RB,” ungkapnya.

Menurutnya, saat ini pihaknya lagi mempersiapkan timsel yang tiap – tiap anggotanya terdiri dari setiap intansi terkait yang ada bidangnya dalam formasi tersebut.

“Untuk panitia seleksi kami hanya untuk administrasi dan pelaksanaan, penilaian pihak Menpan-RB langsung, karena untuk penilaian itu bukan kewenangan kami,” tuturnya.

“Kami Pemkab Sarolangun masih menunggu perintah dari Menpan-RB, kapan kami umumkan tanggal dan hari pembukaan CPNS, semoga Minggu ke 4 ini sudah mendapatkan perintah,” tutupnya.