BANGKA BELITUNG, metro7.co.id – Berupaya mencegah gizi buruk atau stunting, organisasi masyarakat Barisan Elemen Masyarakat Peduli Ekonomi Rakyat (BEMPER) menggelar acara edukasi gizi seimbang kepada kalangan ibu-ibu hamil dan menyusui yang berdomisili di Kelurahan Kuday.

Bertempat di Kampung Pasir, Kelurahan Kuday, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, kegiatan yang diadakan Minggu (22/8) pagi, itu turut dihadiri Bupati Bangka Periode 2018-2023, Mulkan.

Kehadiran Mulkan dalam kegiatan edukasi gizi tersebut, selain sebagai pembina BEMPER, juga selaku pihak yang dinilai berhasil menuntaskan angka stunting di Kabupaten Bangka semasa dirinya masih menjabat bupati.

Ketua BEMPER, Syamsu Rizal dalam sambutan berkata kegiatan edukasi gizi kali ini merupakan kegiatan keenam yang diselenggarakan oleh BEMPER.

Syamsu menjelaskan, diadakannya edukasi gizi ini untuk membantu dan mendukung pemerintah dalam mengatasi permasalahan stunting di Kabupaten Bangka.

Selain edukasi gizi, turut dibagikan goodie bag berupa susu, biskuit, dan sembako dari Mulkan.

“Edukasi gizi, pembagian goodie bag, dan paket sembako bantuan dari tokoh masyarakat bapak H Mulkan, juga bantuan sponsor dari PT Timah Tbk, PDAM Tirta Bangka, dan PT Cakra,” ucap Syamsu.

Sementara Mulkan dalam sambutannya sangat mengapresiasi langkah BEMPER yang secara kontinyu memberikan edukasi gizi seimbang kepada masyarakat.

“Kami sangat menyambut baik selaku pembina yang ada di BEMPER dengan adanya kegiatan ini, karena ini salah bentuk kepedulian kita untuk masyarakat, terutama ibu-ibu kita yang ada di Kabupaten Bangka, supaya tetap menjaga dan merawat kehamilan maupun anak-anak yang menyusui tersebut agar jangan sampai terjadi stunting,” ucap Mulkan.

Mulkan mengutarakan, akibat stunting ini jika tidak diatasi sejak dini maka akan berdampak terhadap pertumbuhan dan kecerdasan sumber daya manusia di kemudian hari.

Karena itu, dia berpesan, agar kalangan ibu-ibu menjaga kehamilan, termasuk anak-anak usia menyusui dengan memberikan asupan-asupan makanan yang bergizi, dan menjaga lingkungan agar tetap selalu bersih.

Bicara penanganan stunting, Mulkan jelaskan saat dirinya masih menjabat Bupati Kabupaten Bangka, angka stunting berhasil turun drastis dari 9,8 persen pada tahun 2019 menjadi 1,48 persen hingga tahun terakhir dirinya menjabat pada 2023 lalu.

“Memang menjadi prioritas kita untuk tangani stunting ini. Karena pada saat kami menjabat, kami tekankan terus-menerus hingga turun ke angka 1,48 persen sampai kami purna tugas pada 2023 lalu,” papar Mulkan.

Sebagai informasi, selain berhasil atasi stunting, modernisasi Puskesmas se-Kabupaten Bangka pun turut menjadi capaian prestasi Mulkan di sektor kesehatan saat dirinya masih menjabat Bupati Kabupaten Bangka.

Pada kesempatan lainnya, Lurah Kuday, Albani Rodiyanto, mengucapkan terima kasih kepada BEMPER dan kehadiran Mulkan dalam kegiatan edukasi gizi kali ini.

Apalagi dirinya mengatakan, semasa Mulkan menjabat Bupati Bangka, Kelurahan Kuday dia katakan berhasil bebas dari stunting.

“Alhamdulillah kami sangat puas, apalagi ibu-ibu hamil dan menyusui begitu antusias diberikan edukasi gizi yang benar. Saya ucapkan terima kasih kepada BEMPER, bapak Mulkan, maupun kawan-kawan ormas yang hadir pada hari ini,” ucap Albani.

Sebagai lurah, tak lupa Albani pun mengimbau warganya agar tetap menjaga pola hidup bersih, makan bernutrisi, yakni 4 sehat 5 sempurna.