MUARADUA, metro7.co.id – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten OKU Selatan melaksanakan pelatihan untuk Palang Merah Remaja (PMR) yang berasal dari siswa dan siswi SLTA se-Kabupaten OKU Selatan, Rabu (18/5), di Aula Pemkab OKU Selatan.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda OKU Selatan Joni Rafles bersama Ketua PMI OKU Selatan Isyana Lonitasari Popo hadiri dan membuka secara resmi Kegiatan Pelatihan PMR tingkat Wira ini.

PMR tingkat Wira ini adalah tingkatan tertinggi dari 3 tingkatan PMR yang dikenal di Indonesia. Pebagian tingkatan PMR disesuaikan dengan jenjang pendidikan dan usianya. Di bawah PMR Wira ada PMR Mula yaitu PMR dengan tingkatan setara pelajar SD atau 10-12 tahun. Lalu ada PMR Madya, yang setingkat dengan siswa SMP atau usia 12-15 tahun.

Dalam Sambutan Ketua PMI Kabupaten OKU Selatan menyampaikan Palang Merah Remaja atau PMR adala suatu organisasi binaan dari Palang Merah Indonesia yang berpusat di sekolah-sekolah ataupun kelompok-kelompok masyarakat (sanggar, kelompok belajar, dan lainnya) yang bertujuan membangun dan mengembangkan karakter Kepalangmerahan agar siap menjadi Relawan PMI pada masa depan.

Ketua PMI juga mengungkapkan mengpresiasi atas kegiatan ini, semoga bisa menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua, sehingga dapat dimanfaatkan di tengan- tengah Masyarakat.

Asisten I juga sampaikan harapannya agar para peserta dapat mengikuti dan memahami kegiatan ini dengan baik sehingga dapat menyalurkan ilmunya di sekolah masing-masing.

“Pembinaan PMR ini sangatlah penting dalam membentuk karakter dan watak. Selain itu diharapakan setiap unit – unit sekolah ikut membantu menumbuhkan kegiatan PMR yang berkaitan dengan kemanusiaan di lingkungan sekitarnya,” tutupnya.