LUBUKLINGGAU, metro7.co.id – Dalam upaya mensuport profesi Jurnalistik mengacu pada himbauan Dewan Pers, pada tahun 2022 yang akan datang Pemerintah Kota Lubuklinggau, melalui Diskominfo Kota Lubuklinggau rencananya akan memberikan fasilitas terhadap para pekerja kulitinta yakni dengan menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) .

Hal itu dikatakan oleh Kepala Diskominfo Kota Lubuklinggau, Drs Erwin Armeidi ketika diwawancarai oleh Wartawan Metro7, Minggu, (22/08/2021).

” Ya rencananya tahun depan kita akan mensuport profesi Jurnalis dengan mengadakan Uji Kompetensi Wartawan, tentunya ini merupakan wujud cinta dan perhatian terhadap para Jurnalis mengacu pada himbauan Dewan Pers. Kita sedang berupaya untuk mewujudkannya,” ucap Erwin Armeidi.

Sementara itu, Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe ketika dimintai tanggapannya oleh awak media ini mengatakan bahwa pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin untuk menganggarkan dana agar terlaksana kegiatan Agenda Uji Kompetensi Wartawan.

” Yang terbaik selalu kita upayakan dan berikan untuk mendukung penuh Profesi Jurnalis, tentunya mengacu pada aturan ataupun himbauan Dewan Pers, do’akan saja ya, semoga nantinya bisa terlaksana, Aamin,” tutup Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe.

Sebagai informasi, Uji Kompetensi Wartawan ( UKW )/Sertifikasi Wartawan ada tiga jenis atau tingkatan, yakni :

Uji Kompetensi Wartawan Muda, khusus untuk profesi Jurnalis saja, selanjutnya Uji Kompetensi Wartawan Madya, khusus untuk profesi Jurnalis dan Redaktur, sedangkan Uji Kompetensi Wartawan Utama diatas kedua level tersebut yakni Kartu Sertifikasi Pimpinan Redaksi disebuah Perusahaan Media. ***