MUSIRAWAS, metro7.co.id Pandemi Covid-19 tak menghambat masyarakat Kecamatan Sukakarya, Kabupaten Musi Rawas, Sumatra Selatan (Sumsel) untuk menunjukkan wujud rasa syukur terhadap nikmat yang di berikan Tuhan Yang Maha Esa.

Rasa syukur itu diwujudkan dalam kegiatan Sedekah Bumi pada Sabtu (12/09/2020) tadi. Seluruh perwakilan lapisan masyarakat, termasuk camat Sukakarya, M Setiawan, berkumpul di kediaman tokoh adat yang ada di Sukakarya itu, Ending Sudiana. Tidak tanggung, Sedekah Bumi digelar untuk delapan desa yang ada di Kecamatan Sukakarya.

“Alhamdulilah kita tetap melaksanakan kegiatan Sedekah Bumi yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Meskipun kegiatan ini tidak seramai dan semeriah seperti tahun-tahun sebelumnya. Mengingat, saat ini kita sedang dalam masa pandemi covid-19,” terang Ketua Panitia Pelaksana Sedekah Bumi.

Dijelaskan Penasihat Adat Kecamatan Sukakarya, Sutoyo, Sedekah Bumi rutin dilaksanakan tiap tahun.

“Sedekah bumi merupakan upacara adat yang melambangkan rasa syukur manusia terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rezeki melalui bumi berupa segala bentuk hasil bumi,” jelas penasehat adat kecamatan Sukakarya, Sutoyo.***